Technologue.id, Jakarta – Sebagaimana yang telah diketahui secara luas, Windows masih menjadi salah satu sistem operasi terpopuler saat ini. Kehadirannya terus ditunjang oleh Microsoft, misalnya lewat Windows 10 October Update yang belum lama ini rilis.

Namun, raksasa Redmond itu seperti belum puas. Mereka tampaknya berambisi pula untuk menjungkalkan Google dengan OS yang disiapkan khusus untuk berselancar di internet, Chrome OS.

Baca juga:

Fitur Baru Windows 10 Ini Bisa Bikin Pengguna Android Makin Nyaman

Menukil AndroidHeadlines.com (03/12/2018), Microsoft dilaporkan sedang menyiapkan Windows Core OS atau sistem operasi yang lebih ringan dari yang mereka besut sekarang. Bocoran ini didapat dari build files yang tidak dihapus secara sempurna dari update software via Windows Insider Program.

- Advertisement -

Lite, sebagaimana diyakini menjadi nama OS tersebut, sepertinya hanya mampu menjalankan aplikasi Universal Windows Platform (UWP), atau aplikasi yang dapat diunduh di Microsoft Store dan kompatibel baik untuk platform PC maupun Xbox, serta Progressive Web Apps (PWA), yakni situs web yang seolah-olah berbentuk aplikasi dan dapat digunakan di mode full-screen.

Baca juga:

Windows 10 Banyak Bug, Microsoft Ambil Langkah Baru

Yang menarik, Microsoft kabarnya tidak akan menggunakan nama “Windows” untuk OS ini. Bisa jadi, OS ringan ini adalah pengganti atau versi baru dari Windows 10 S, yaitu OS yang cuma mampu menjalankan aplikasi dari Windows Store.

Baca juga:

LockApp.exe, Aplikasi “Mencurigakan” di Windows 10

Mampukah Microsoft berkompetisi dengan Google yang sudah melengkapi ekosistemnya dengan gadget berspesifikasi rendah plus OS yang sesuai seperti Chrome OS nanti? Tunggu saja!