Technologue.id, Jakarta – Harga ponsel gaming Asus ROG Phone mulai dari Rp13 juta. Harga setinggi itu sudah sepantasnya mengemas spesifikasi luar biasa. Namun apakah ROG Phone memiliki ketahanan yang kuat? Sepertinya hal yang satu ini harus dibuktikan dulu dengan uji ketahanan.

Vlogger JerryRigEverything menyiksa Asus ROG Phone tanpa ampun. Ia ‘melukai’ ponsel gaming pertama Asus ini dengan sebilah benda tajam dan panas api, demi membuktikan ketahanan atau durabiltas perangkat.

Baca juga:

Asus ROG Phone Tiba di Indonesia, Gandeng ZenFone Max Pro M2

Tes durabilitas dimulai dengan scratch test atau tes goresan. Layar dan seluruh bodi Asus ROG Phone digores dengan pena khusus dan pisau cutter. Hasilnya, layarnya tergores di level 6 seperti halnya flagship lainnya. Goresan lebih dalam juga tampak di level 7. Namun menurut vlogger yang dikenal hobi menyiksa ponsel premium, hasil ini bukan hal yang buruk. Mengingat Ia harus berusaha sangat keras untuk menggores layar 90 Hz yang sangat tajam dan rendah latensi tersebut.

Sementara itu, lensa kamera depan dan belakang ganda yang ditutupi oleh kaca, ternyata tidak terlihat goresan pisau silet Nelson. Begitu pun pembaca sidik jari berbentuk aneh di bagian belakang.

Bagian atas, bawah, samping, dan tombol di ponsel semuanya terbuat dari logam yang kuat sehingga lagi-lagi aman dari goresan permanen. Namun berbeda dengan speaker stereo. Dua buah speaker stereo ini memiliki plastik yang dilekatkan di atas logam, yang mungkin akan bermasalah dalam jangka panjang. Namun, lemnya terasa cukup kuat, jadi meminimalisir aksen tembaga itu akan terkelupas sendiri.

Baca juga:

Wow, Asus Siapkan ROG Phone Berharga Terjangkau!

Asus ROG Phone dengan layar AMOLED berukuran 6 inci untuk memenuhi kebutuhan gaming juga mampu bertahan saat menjalani burnt test atau tes dipanaskan dengan nyala api. Meski terdapat bekas, namun dalam beberapa detik layarnya kembali normal.

Untuk uji lengkung, bisa dibilang menjadi bagian yang paling menarik dan menyakitkan untuk ditonton. Menurut JerryRigEverything, Asus ROG Phone mampu bertahan dan masih bisa beroperasi meski dibengkokkan ke belakang dan ke depan. Untuk beberapa alasan, membengkokkan perangkat dari belakang secara terus-menerus menghasilkan bunyi popping, sementara membengkokkannya dari depan dapat menghasilkan sedikit lentur.

Seperti biasanya, tes durabilitas ini diunggah melalui YouTube. JerryRigEverything sendiri dikenal sebagai saluran YouTube yang spesialis menguji ketahanan berbagai perangkat smartphone flagship terbaru. Cukup banyak smartphone flagship yang ternyata tidak mampu melewati berbagai siksaan dalam tes durabilitas ini.

Baca juga:

Asus ROG Phone Dijual Mulai Rp13 Jutaan, Intip Spesifikasinya