Technologue.id, Jakarta – Ponsel dengan notch zaman sekarang bisa dibilang mirip-mirip. Kendati sudah ada diferensiasi desain “poni”, tetap saja, terkadang user kebingungan. Pasalnya, ada kalanya vendor lain membuat perangkat yang tak jauh berbeda.

Contohnya Vivo V11 Pro dan Oppo F9, yang sudah tak malu-malu lagi menampakkan dirinya pada konsumen Indonesia. Keduanya memakai desain notch bernama water atau tear drop. Notch ini lebih ramping daripada milik iPhone X, karena hanya menyisakan kamera selfie pada poni tersebut.

Baca juga:

Nokia 9 Punya Lima Kamera?

Sebentar lagi, produsen Tiongkok lain, OnePlus, juga akan mengeluarkan smartphone yang mirip. Nama perangkat tersebut diyakini adalah OnePlus 6T. Dari render yang beredar, ponsel itu tampak mirip dengan Vivo V11 Pro dan Oppo F9.

- Advertisement -

Terlihat pula OnePlus 6T mengusung dual-camera belakang yang disejajarkan secara vertikal, mirip OnePlus 6. Ada yang berspekulasi kalau komponen di bawah dua sensor OnePlus 6 yang tampak adalah sensor kamera lain, kendati bisa jadi itu hanya LED flash.

Baca juga:

OxygenOS Open Beta untuk OnePlus 3 dan 3T Masuki Versi Final

Namun di antara sensor dan logo OnePlus, tak terlihat spot untuk pemindai sidik jari. Naga-naganya, brand smartphone yang masih berumur lima tahun itu bakal memakai in-display fingerprint.

Sebenarnya, Anda tak usah terlalu kaget kalau desain atau inovasi Oppo, Vivo, dan OnePlus mirip-mirip. Sebab, mereka berasal dari satu perusahaan induk yang sama, yakni BBK Electronics.

Baca juga:

Mengenal Fitur Screen Touch ID di Vivo V11 Pro

Melansir AndroidCommunity.com (07/09/2018), tanggal rilis handset tersebut memang belum dikonfirmasi, kendati desas-desusnya di awal tahun 2019. Untungnya, OnePlus tak lagi beredar resmi di Tanah Air. Jadi, Anda tak harus berhadapan dengan tiga perangkat yang serupa tapi tak sama.