Technologue.id, Jakarta – Layanan Virtual Private Network (VPN) kadang dibutuhkan oleh beberapa orang untuk mengakses situs ataupun layanan yang tidak tersedia pada suatu wilayah ataupun untuk mengamankan koneksi internet. Dan salah satu produsen browser ternama, Opera kini menghadirkan VPN unlimited secara gratis untuk para pengguna Android.

Mengutip dari GSMArena (20/03/19), Opera baru saja meluncurkan browser Opera versi 51 yang sudah terintegrasi dengan layanan VPN. Ini artinya, pengguna tak lagi perlu mendownload aplikasi Opera VPN terlebih dahulu untuk bisa mengakses layanan tersebut.

Baca Juga:
Opera Hadirkan Dompet Digital untuk Cryptocurrency

Sebelumnya, untuk platform Android, layanan VPN buatan Opera sendiri terpisah dengan browsernya. Jika ingin menikmati layanan tersebut, pengguna harus menggunakan dua aplikasi yang berbeda, yakni browser Opera dan Opera VPN.

- Advertisement -

Dengan adanya layanan VPN yang terintegrasi dengan browser, Opera mengklaim bahwa pengguna bisa memiliki kontrol yang lebih baik untuk privasi data saat berselancar, terlebih ketika menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Pasalnya, Opera sendiri tidak menyimpan file log untuk para pengguna saat berselancar dengan VPN.

Baca Juga:
Cydia Tak Lagi Beroperasi untuk iOS Jailbreak

Untuk bisa menggunakan fitur VPN pada browser Opera, pengguna hanya perlu mendownload ataupun melakukan update ke versi terbaru melalui Play Store. Setelah itu, akan ada sub-menu VPN pada aplikasi tersebut. Setelah diaktifkan, pengguna bisa menikmati koneksi internet dengan enkripsi 256-bit.