Technologue.id, Jakarta – Chipset Snapdragon sampai saat ini memang masih mendominasi pangsa pasar gadget, terutama smartphone. Namun di sisi lain, MediaTek tak berhenti untuk mencoba mengembangkan chipset baru untuk smartphone, dan salah satunya adalah Helio P80.

Mengutip dari GSMArena.com (28/11/2018), baru-baru ini ada sebuah laporan yang menunjukkan kalau Oppo R19 nantinya bakal menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset MediaTek Helio P80. Ini sedikit berbeda dengan pendahulunya, R17 yang justru menggunakan chipset Snapdragon 670

Baca juga:

Oppo Perkenalkan Teknologi Hyper Boost, Ini Cara Kerjanya

Chipset menengah ke atas buatan MediaTek tersebut sendiri digadang-gadang bakal memiliki kinerja yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya, terutama dari sisi pemrosesan Artificial Intelligence (AI). Diperkirakan, posisi Helio P80 tersebut akan berada persis di bahwa Snapdragon 8150.

- Advertisement -

Baca juga:

Oppo A7 Resmi Meluncur, Bawa Hyper Boost dan Baterai Bongsor

P80 sendiri diproduksi oleh TSMC dengan proses fabrikasi 12 nm dan dilengkapi dengan delapan buah inti prosesor berbasis ARM. Belum diketahui jenis prosesor yang akan digunakannya, namun kemungkinan GPU yang bakal disematkannya akan lebih kencang ketimbang Helio P60 maupun Helio P70.

Baca juga:

Admin Dishub DKI Jakarta Pakai Oppo F9, Muka Anies Baswedan Jadi Begini

Sebelumnya, Oppo sendiri sempat menggunakan chipset buatan MediaTek, Helio P60 pada R15. Namun mereka mengubahnya pada smartphone R17 ke chipset buatan Qualcomm, Snapdragon 670. Hal tersebut dikarenakan mereka tak puas dengan performa yang dihasilkan pada Helio P60.