Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Pendapatan Melempem, Startup Hotel Oyo Ubah Strategi Bisnis
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Pandemi COVID-19 telah mengancam hampir semua sektor bisnis, terutama sektor pariwisata. Jaringan hotel online Oyo pun ikut mengecap dampak negatif dari sisi okupansi.

Pihak Oyo Indonesia menuturkan bahwa perusahaan rintisan yang didukung Softbank itu mengalami penurunan pendapatan dan tingkat hunian hingga 60 persen sejak beberapa bulan ke belakang. Hal ini imbas kebijakan pemerintah setelah mengeluarkan larangan berpergian di seluruh dunia guna memutus rantai penyebaran virus corona.

"Dari sisi okupansi atau tingkat hunian, dari hari ke hari terjadi penurunan. Sehingga kita harus melakukan solusi jangka pendek dalam menyikapi perkembangan yang terjadi," tutur Eko Bramantyo, Country Head Emerging Businesses Oyo Hotels & Homes Indonesia, dalam peluncuran program Sanitized Stays secara virtual, Kamis (11/6/2020).

Baca Juga:
New Normal di Industri Hotel, Oyo Luncurkan Program Sanitized Stays

Eko mengatakan bahwa perusahaan melakukan perubahan strategi untuk mengurangi dampak pandemi yang telah mempengaruhi tingkat hunian Oyo. Salah satunya melalui Long Stay Program.

Bila sebelumnya tren durasi menginap berkisar 1-3 hari, namun setelah pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah diberlakukan, kini jangka waktu menginap yang dipesan oleh pengunjung menjadi lebih panjang.

"Sekarang trennya mulai bergeser menjadi 7 sampai 14 hari," ungkapnya.

Baca Juga:
Demi Profit, Startup Oyo PHK Puluhan Ribu Karyawan

Melihat tren tersebut, Oyo pun menyarankan para mitra bisnis perhotelan agar menyusun Long Stay Program. Penawaran menarik diharap dapat menggaet pengunjung lebih banyak agar bisnis perhotelan kembali ramai. Sasaran pasar yang bisa dibidik salah satunya adalah pengguna yang melakukan perjalanan kerja.

Oyo juga telah meluncurkan sebuah program baru bertajuk Sanitized Stay untuk meminimalisir kontak fisik pada kegiatan operasional hotel mitra Oyo selama pandemi Covid-19. Ini merupakan program jangka panjang sebagai strategi Oyo untuk beradaptasi dalam menyikapi new normal agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen.

SHARE:

Terancam Diblokir, ByteDance Diminta Jual TikTok ke Perusahaan AS

Rumor Apple Bakal Rilis iPhone 16 Tanpa Tombol Fisik?