Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Penjelasan Kemenkes Soal Viral Penyebaran Virus Corona Lewat Ponsel Xiaomi
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Baru-baru ini viral cuitan yang menyatakan virus Corona menyebar melalui ponsel alas China, Xiaomi. Cuitan tersebut dibagikan oleh akun Twitter @coromodol beberapa waktu lalu. Dalam cuitannya tersebut, @coromodol menuliskan, "virus corona nyebar lewat hp xiaomi." Kemudian disertai anjuran untuk mencuci tangan ketika sehabis bersalaman dengan pengguna ponsel Xiaomi. https://twitter.com/coromodol/status/1220709076285325313

Baca Juga: Wabah Corona Pengaruhi Produksi iPhone

Hingga berita ini dimuat pada Kamis (30/1/2020), cuitan tersebut sudah diretweet hampir 10 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 21 ribu like. Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes RI, Achmad Yurianto menjelaskan bahwa sebenarnya virus Corona tidak bisa hidup jika menempel di benda mati. Penyebaran virus Corona melalui ponsel Xiaomi yang berasal dari China itu tidak benar. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng Mohammad Faqih dengan mengatakan, "virus corona 2019-nCoV bisa menular antar manusia lewat batuk dan bersin hingga lewat makanan tercemar air liur orang yang terinfeksi virus tersebut." Selain itu, Daeng juga menambahkan penularan virus corona bisa terjadi dari hewan ke manusia.

Baca Juga: Kominfo Imbau Masyarakat Tidak Sebar Hoaks Soal Virus Corona

Kabar tidak benar terkait virus Corona cukup banyak beredar di masyarakat melalui berbagai platform. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate menghimbau kepada masyarakat Indonesia agar mewaspadai beredarnya konten bohong alias hoaks mengenai perkembangan virus Corona. Johnny juga meminta masyarakat untuk tidak mengaitkan masalah Virus Corona dengan masalah-masalah lain yang berdampak luas dan negatif terhadap negara, baik dari sektor ekonomi kita maupun sektor lainnya. Masyarakat diharapkan mengacu kepada intitusi resmi dan informasi yang disampaikan pemerintah secara resmi dalam rangka pencegahan dan penanganan virus ini.

SHARE:

Tools AI Buatan Meta Lebih Bertenaga Berkat Model Llama 3 Baru

Ini Alasan Microsoft Belum Rilis Tools Avatar AI Manusia "Hidup"