Technologue.id, Jakarta – Kuartal pertama 2018 menjadi saksi bagaimana moncernya performa Xiaomi. Menurut Gartner, sepanjang Januari sampai Maret lalu, perusahaan asal China itu menjual lebih dari 28 juta unit smartphone.

Jumlah itu lebih dari dua kali lipat lebih banyak daripada tahun lalu yang hanya 12 jutaan. Tak ayal, market share Xiaomi pun makin tinggi daripada Q1 2017. Kini, mereka menggemas 7,4 persen pangsa pasar global.

Baca juga:

Xiaomi Launching Redmi 6 dan Redmi 6A, Apa Bedanya?

Tren apik Xiaomi ini juga dapat dilihat pada Huawei. Duduk di nomor tiga global, vendor kipas merah itu menjual 7 jutaan unit smartphone lebih banyak dari kuartal pertama 2017.

Sementara itu, rapor Samsung dan Oppo justru tak terlalu baik. Walaupun Samsung masih duduk di nomor satu vendor ponsel pintar dunia, penjualan mereka mengalami sedikit penurunan dibandingkan tahun lalu, yaitu 78,5 juta unit berbanding 78,7 juta. Oppo pun ikut menurun, dari 30 jutaan di Q1 2017 ke 28 jutaan saja di Q1 2018.

Baca juga:

Samsung Galaxy S9 Smartphone Terpopuler April 2018, iPhone X?

Menyoal Apple, penjualannya termasuk meningkat walau tak signifikan, yaitu 51 juta unit di awal tahun lalu berbanding 54 juta unit di pembukaan 2018 ini.

Penjualan Smartphone Samsung dan Oppo Turun, Xiaomi Bagaimana?
Penjualan smartphone global Q1 2018 (source: Gartner)

Baca juga:

Fitur Google Pixel 3 Bocor Lagi, Kali Ini Apa?

Dalam penjelasan Anshul Gupta, Research Director Gartner, pada Januari-Maret 2018, smartphone terlaku adalah yang berkategori entry-level. Katanya (29/05/2018), gadget berbanderol Rp2 juta ke bawah diminati konsumen karena adanya peningkatan kualitas.

Secara keseluruhan, menurut Gartner, catatan penjualan smartphone global pada kuartal pertama 2018 sudah baik. Sebab, sudah ada kenaikan 1,3 persen daripada periode yang sama tahun lalu. Terdapat 384 juta unit ponsel pintar yang sampai di tangan konsumen pada tiga bulan pertama tahun ini.