Technologue.id, Jakarta – Demi memenuhi gaya klasik fesyen, Garmin meluncurkan jam tangan analog pintar vivomove HR. Jam tangan bergaya klasik ini dijual secara eksklusif di Watch Studio. Desain jam ini memakai jarum jam yang presisi untuk menunjukkan waktu. Jarum jam akan bergeser secara dinamis saat mengaktifkan layar sentuh. Sehingga muncul tampilan fitur pesan, denyut jantung dan lain-lain.

“Garmin memasuki dunia smartwatch dari arah sport, sehingga dikenal di bidang lari dan bersepeda. Namun bagi masyarakat Indonesia jam digital bukan untuk semua orang, masih ada yang menjadikan analog sebagai pilihan. Sehingga Garmin ingin menjembatani dari jam digital ke jam analog. Hal ini dilakukan Garmin dengan menawarkan smart analog watch atau jam analog digital yang harganya terjangkau untuk masyarakat Indonesia,” ucap Engelhard (Al) Sundoro, Managing Director, Garmin South Asia.

Fitur Monitoring Garmin vivomove HR (Endah/Technologue.id)
Fitur Pengukuran Pada Garmin vivomove HR (Endah/Technologue.id)

Menurut Al, berdasarkan masukan dari masyarakat, maka Garmin akan memberikan kepintaran yang lebih pada produk analog agar dapat lebih diterima. Salah satu kepintaran tersebut adalah untuk memantau jantung.

“Dari segi penampilan, produk ini bisa dipakai di berbagai acara. Bentuk jam bundar pada desain juga merupakan hal yang penting untuk diterima sebagai jam analog. Sehingga kami bekerja keras untuk membuat jam berbentuk bundar yang terlihat modern, canggih, minimalis. Hal yang paling inovatif pada produk ini adalah layar sentuh yang tersembunyi. Jadi walau bentuknya seperti jam biasa, ketika disentuh, kepintarannya pun muncul,” lanjut Al.

Garmin vivomove HR (Endah/Technologue.id)
Garmin vivomove HR (Endah/Technologue.id)

Jam tangan analog pintar ini cocok dikenakan untuk berbagai suasana, baik dikenakan saat memakai jeans atau pun setelan jas. Vivomove HR tersedia dalam dua versi, yaitu sport yang ramping dan Premium  yang lebih berkelas dengan tali kulit. Keistimewaan lain dari versi Premium adalah bodi keseluruhan yang terbuat dari baja.

Pada versi sport, pilihan warna yang tersedia adalah hitam dan rose gold. Sementara pada versi premium tersedia warna hitam/perak dan emas. Pilihan tali jam pun bisa dipilih, yaitu silikon atau kulit. Sehingga perangkat ini dapat memenuhi berbagai kebutuhan gaya pribadi. Harga yang dibandrol pada versi sport adalah Rp 3.399.000, sedangkan versi premium Rp 4.999.000.

Baca juga:

Garmin Luncurkan Vivofit 4, Kaya Fitur dengan Harga Terjangkau

Ketangguhan jam ini teruji dan bisa selalu dikenakan, bahkan di saat mandi dan berenang. Kekuatan daya baterai mampu sampai lima hari saat fitur pintar diaktifkan. Sedangkan dalam mode jam tangan analog tanpa mengaktifkan fitur pintar, daya mampu bertahan sampai dua minggu.

Perangkat ini dapat dihubungkan sepanjang hari, sehingga bisa mengetahui adanya telepon, email, SMS yang masuk dengan pemberitahuan getar. Selain itu bisa juga mendapatkan notifikasi aplikasi dan update media sosial. Musik pada smartphone juga bisa dikendalikan dengan mudah dari vivomove HR. Bagi yang kerap lupa meletakkan barang, vivomove HR ini memiliki fitur yang bisa dinyalakan dari smartphone untuk memudahkan menemukannya.

Baca juga:

Incar Penyuka Olahraga, Garmin Luncurkan vivoactive 3 ke Indonesia

Produk jam besutan Garmin dikenal cocok untuk mendampingi dalam hal kebugaran dan kesehatan. Demikian juga dengan vivomove HR yang dibekali alat pemantau kebugaran yang mencakup pengukur VO2 max dan usia kebugaran. Perangkat ini mampu menghitung langkah dan melacak stres dengan mengukur variasi denyut jantung.

Tingkat stres pada periode waktu yang lebih lama bisa dilihat pada aplikasi Garmin Connect yang berfungsi menyimpan statistik. Keberadaan statistik tersebut mudah diakses dan dapat mengidentifikasi pola kegiatan penggunanya. Kegiatan tersebut mencakup latihan, olah raga, latihan beban, tingkat stress dan pola tidur pribadi. Semua ditampilkan dalam bentuk grafik rinci yang bisa diakses dari smartphone atau komputer.

Sehingga aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengubah gaya hidup demi menghindari atau mengadaptasi penyebab stres. Tersedia juga fitur timer relaksasi four-fold breath yang memandu mengatur napas untuk mengatasi stress.

Baca juga:

Garmin Gandeng Watch Studio Sebagai Mitra Strategis Demi Perluas Distribusi

Bagi yang suka traveling dan harus berpindah zona waktu, jam analog ini pun dapat mengatasi masalah tersebut dengan melakukan sinkronisasi dengan smartphone. Jadi walau pun minimalis, jam analog digital ini powerful.