Technologue.id, Jakarta – Kompetisi inovasi kamera tidak lagi soal banyaknya jumlah lensa dan teknologi AI, namun juga seberapa besar ukuran megapiksel yang dimilikinya. Di bulan Maret ini, tiga pemain smartphone besar, yaitu Oppo, Vivo, dan Xiaomi, kompak merilis smartphone dengan kualitas kamera utama 48 MP ke pasar Indonesia.

Ponsel kamera resolusi 48 megapiksel ini dapat mengambil foto dengan kualitas yang lebih baik bahkan setelah zoom berkali-kali pada objek yang difokuskan.

48 MP bukan hanya fitur unggulan untuk menarik pelanggan semata, namun juga sebagai tolok ukur baru bagi perusahaan seluler untuk menawarkan ponsel kamera resolusi tinggi dengan biaya terjangkau.

Mau tahu bagaimana keunggulan kamera 48 MP di Oppo F11/F11 Pro, Vivo V15 Pro, dan Redmi Note 7? Berikut ulasan lengkapnya:

Oppo F11 dan Oppo F11 Pro

Oppo F11/F11 Pro (Eksklusif / Technologue.id)

Oppo F11 dan F11 Pro hadir dengan keunggulan kamera belakang ganda 48 MP + 5 MP. Kamera utama menggunakan pixel binning untuk menangkap bidikan 12 MP dengan menjanjikan noise rendah.

Baca Juga:
Oppo Luncurkan Duo F11 Series, Usung Kamera Pop Up

Kamera 48 MP dilengkapi dengan bukaan diafragma sebesar F/1.79. Bersama dengan lensa 6P, kamera tersebut dapat mendeteksi lebih banyak cahaya ketika mengambil foto dalam kondisi minim cahaya, untuk memastikan hasil gambar yang lebih detail.

Ketika mengambil foto portrait di malam hari, teknologi Tetracell yang terdapat di kamera akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat piksel yang berdekatan untuk membuatnya setara dengan ukuran piksel tunggal 1,6μm. Teknologi ini melipatgandakan ukuran piksel fotosensitif, sehingga mampu mengabadikan foto portrait yang lebih terang dan minim noise pada malam hari.

Dengan menggunakan lensa 48MP, Ultra Night Mode, dan Color Mapping, OPPO seri F11 memiliki kombinasi peranti keras dan peranti lunak yang memungkinkan pengguna menangkap foto portrait malam hari yang tajam dengan mudah.

Oppo F11 Pro dijual dengan harga Rp 4.999.000

Vivo V15 Pro

Vivo V15 Pro (Eksklusif / Technologue.id)

Versi Pro dari Vivo V15 ini membawa pembaruan fitur untuk Night Photography dengan AI Super Night Mode pada kamera utama. 48 Juta Quad Pixel Sensor (Quad-PD Technology) pada kamera utama AI Triple Camera menangkap lebih banyak detail dengan sensor cahaya yang semakin sensitif.

Baca Juga:
Pre Order Vivo V15 Pro Resmi Dibuka, Berapa Harganya?

Sementara itu, besaran sensor 1/2.55 serta 0.8-micron pixel mendukung foto malam hari yang lebih baik dan rendah noise.

AI Triple Camera Vivo V15 Pro juga dilengkapi dengan 8MP AI Super Wide-Angle Camera untuk hasil foto semakin sinematik, serta dukungan 5MP Depth Camera untuk hasil foto bokeh atau portrait yang halus dan jernih.

Vivo V15 Pro dapat dimiliki dengan banderol harga Rp 5.699.000.

Redmi Note 7

Redmi Note 7 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Pada bagian belakang, Redmi Note 7 menggunakan sensor CMOS Samsung ISOCELL GM1 yang memiliki 48 juta piksel.

Baca Juga:
Tiba di Indonesia, Redmi Note 7 Tonjolkan Kamera Utama 48 MP

Dengan kamera bersensor Samsung itu, Redmi mengklaim bahwa Redmi Note 7 bekerja menggabungkan empat pixel menjadi satu piksel besar 1,6 μm untuk meningkatkan sensitivitas cahaya dan membuat hasil gambar 12MP yang menjadi lebih terang dan jelas.

Teknologi ini juga tampil cemerlang meski dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Ukuran sensor 1/2 inchi mengambil lebih banyak cahaya. Megapixel yang lebih besar akan menangkap lebih banyak tanpa mengurangi kualitas. 48 MP juga meningkatkan detail di segala jarak.

Redmi Note 7 akan dihargai mulai dari Rp 1.999.000.