Technologue.id, Jakarta – Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-4 Mi Fans, Xiaomi memperkenalkan subbrand Pocophone dengan perangkat pertama, F1, ke pasar smartphone Indonesia. Smartphone ini menonjolkan sisi performa, kamera, dan experience.

Dari sisi performa, dapur pacu Picophone F1 mengusung Snapdragon 845. Menurut Alvin Tse, Head of Pocophone Global, Snapdragon 845 jelas menjanjikan tenaga yang sangat besar dibanding versi pendahulunya. Belum lagi, Pocophone juga memiliki kemampuan artificial intelligence (AI) yang menjanjikan peningkatan perfoma Pocophone F1 hingga 300 persen.

“Kami ingin menjadi ‘The King of Performance’. Kami menyuguhkan Snapdragon 845 di mana saat ini (chipset) tercepat di industri. Apalagi dengan AI, kinerja smartphone akan meningkat tiga kali lipat,” ujar Alvin, di sela-sela peluncuran Pocophone F1 di Jakarta, Senin (27/08/2018).

Baca juga:

Xiaomi Poco F1, Ponsel Murah, Garang, dan Siap Masuk Indonesia

- Advertisement -

Untuk kapasitas RAM, saat ini Pocophone hanya menyediakan tipe 6GB saja. Sementara memori internalnya ada pilihan 64 dan 128GB expandable hingga 256GB. Sebagai awal, subbrand dari Xiaomi ini bakal meluncurkan varian 6GB/64GB dan 6GB/128GB terlebih dahulu. Selanjutnya akan menyusul versi 8GB/256GB.

Tampak depan Pocophone F1 (Choiru Rizkia/Technologue.id)

Layarnya punya bentangan 6,18 inch dengan resolusi Full HD+. Seperti Mi 8, ponsel ini punya notch di bagian atas.

Kamera ganda disematkan di bagian belakangnya. Ukurannya 12 MP dan 5 MP. Xiaomi menggunakan sensor IMX 363 pada kamera utama yang memiliki ukuran 1,4 mikron pixel dan bukaan f/1.9. Sementara kamera selfie berukuran 20 MP. Seperti tren kamera ponsel kekinian, Pocophone juga mempersenjatai sektor kamera dengan ‘sihir’ AI sehingga mampu mengenali 206 scene dari 25 kaetegori, mulai dari pemandangan, hewan, makanan, dan sebagainya.

Baca juga:

Xiaomi Pocophone F1 Jadi Smartphone Termurah dengan Snapdragon 845?

Baterai yang tersemat di dalam ponsel ini berkapasitas 4.000 mAh. Tak luput, dibekali pengisian cepat QuickCharge 3.0. Vendor asal China ini menambahkan teknologi LiquidCool yang membuat ponsel ini tetap adem saat menjalankan aplikasi berat.

“Solusi LiquidCool Technology akan 300 persen lebih cepat mengalirkan hawa panas. Sehingga gaming akan bisa berlangsung lama,” katanya.

Spesifikasi Pocophone F1 (Choiru Rizkia/Technologue.id)

Baca juga:

8 Smartphone Xiaomi Ini Sudah Bisa Nikmati MIUI 10

Urusan user interface, Pocophone masih memakai konsep MIUI, namun perusahaan menyebutnya MIUI for Pocophone. Di sistem operasi gubahan Android ini, pengguna bakal disajikan Poco Launcher, Icon Pack, dan kemampuan menyembunyikan sejumlah aplikasi tertentu.

Pocophone F1 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Graphite Black, Steel Blue, dan Rosso Red, lalu ada edisi khusus yang bernama Armoured Edition dengan cover belakang berbahan kevlar.

Harga ponsel ini adalah Rp4.499.000 juta untuk varian paling murahnya (6GB/64GB), dan versi paling mahalnya Rp4.999.000 (6GB/128GB). Sementara versi Armored Edition dijual dengan harga Rp5.199.000 (6GB/128GB).