Technologue.id, Jakarta – Sejak tahun 2014, PlayStation 4 (PS4) hingga saat ini masih menjadi primadona bagi para gamer yang menggunakan konsol sebagai ‘senjata’ utamanya untuk bisa melakukan hobinya. Namun tahun depan, tahta PS4 tampaknya harus digantikan oleh penerusnya, PS5.

Baca Juga:
Sony Resmi Pensiunkan PlayStation Vita

Mengutip dari TheVerge (26/04/19), pada sebuah wawancara yang dilakukan oleh reporter Wall Street Journal, pihak Sony menyampaikan bahwa kemungkinan PS5 akan tiba dipasaran dalam waktu sekitar 12 bulan lagi atau di tahun 2020. Tak cuma itu, spesifikasi dari konsol tersebut pun mulai terungkap.

Untuk PS5, Sony bakal menggunakan spesifikasi yang lebih tinggi ketimbang PS4 maupun PS4 Pro. Pasalnya, mereka akan mengadopsi prosesor, graphics card dan SSD yang lebih kencang dan powerful. Untuk prosesor dan graphics cardnya sendiri, Sony menggunakan AMD Ryzen generasi ketiga yang memiliki delapan inti prosesor dan GPU yang sudah mendukung ray-tracing.

- Advertisement -

Baca Juga:
Main PlayStation Classic Pakai Flash Drive, Bisa?

Sementara fitur lainnya, PS5 dijanjikan akan mendukung resolusi 8K dan audio 3D. Tak cuma itu, berbagai judul game yang selama ini sudah dirilis untuk PS4 pun bakal dijanjikan memiliki backward compatibility untuk PS5. Ini artinya, pengguna bisa memainkan game sudah dimainkan pada PS4 di PS5.

Di saat yang bersamaan, Sony juga mengumumkan kalau selama ini penjualan PS4 masih terus berlangsung dan sudah berhasil terjual sebanyak 96,8 juta unit. Kemungkinan, kuartal berikutnya bakal menyentuh ke angka 100 juta unit. Sedangkan untuk layanan PlayStation Plus, Sony setidaknya sudah berhasil mengumpulkan 36,4 juta pelanggan.