Technologue.id, Jakarta – Mendekati tutup tahun, rumor tentang suksesor Galaxy S8 sudah mulai bermunculan. Kali ini, bocoran yang redaksi dengar soal gawai yang kemungkinan bakal dinamai Galaxy S9 itu adalah soal penempatan sidik jarinya.

Melansir GSMArena (24/10/17), sebuah paten yang diajukan Samsung di negeri asalnya mengindikasikan terkait adanya perubahan posisi fingerprint sensor dibandingkan Galaxy S8. Tampaknya, Galaxy S9 nanti akan kembali menempatkan sensor pemindai sidik jari di bagian depan.

Baca juga:

Samsung Galaxy Tab Active 2, Tablet Canggih nan Tangguh untuk Eksmud

Dalam ilustrasi paten tersebut, terlihat kalau fingerprint sensor itu berbentuk bulat seperti milik Essential Phone, sedikit berbeda dengan Galaxy S7 yang penampangnya oval.

Posisi Sensor Sidik Jari Samsung Galaxy Tahun Depan Berubah Lagi?
Bocoran paten sensor pemindai sidik jari Samsung Galaxy S9 (source: GSMarena)

Sayangnya, belum diketahui apakah Samsung bakal kembali menempatkannya di bawah tombol home fisik atau menempatkan pemindai sidik jarinya di dalam layar. Kalau memang Galaxy S9 jadi mengadopsi teknologi fingerprint sensor di dalam layar, tentu saja hal ini bisa menjadi jawaban nyata dari gertakan Vivo yang mengklaim sudah punya inovasi tersebut beberapa waktu lalu.

Baca juga:

Aduh, Ponsel Secanggih Samsung Galaxy S8 Kok Gini?

Sekadar mengingatkan Anda, karena Galaxy S8 mengadopsi layar ber-aspect ratio 18.5:9, maka tak ada tempat lagi untuk sensor pemindai sidik jari yang biasa ditanamkan di tombol home. Maka, vendor asal Negeri Ginseng itu pun memindahkannya ke bagian belakang bodi.

Kendati demikian, tak semua user merasa nyaman dengan pemindahan ini. Beberapa pengguna pun merasa kesulitan dan perlu waktu untuk beradaptasi.

Baca juga:

Lewat Produk Ini, ZTE Akan Langkahi Apple dan Samsung!

Apakah Samsung cukup peka dengan fenomena yang ada di tengah masyarakat ini dan memutuskan untuk kembali ke basic? Bagaimana menurut Anda?