Technologue.id, Jakarta – Memasuki pertengahan tahun 2018, rumor soal prosesor terbaru keluaran Intel terus mencuat. Disinyalir, saat ini mereka tengah mempersiapkan prosesor terbarunya agar bisa mengalahkan kompetitornya, AMD Ryzen.

Mengutip dari TheVerge.com (12/08/2018), berdasarkan rumor yang beredar, Intel kemungkinan sudah bisa memperkenalkan prototipe dari prosesor Intel Core generasi kesembilannya pada awal Oktober 2018 mendatang. Dan di saat yang bersamaan, mereka akan mengumumkan kehadiran sejumlah lini prosesornya, mulai dari Core i5, i7, dan i9.

Baca juga:

Apple-Qualcomm Resmi Pisah, iPhone Bisa Kena Dampaknya

Untuk lini prosesor flagshipnya, Intel gosipnya akan memamerkan Core i9-9900K yang dibekali dengan 8 core. Dengan fitur HyperThreading, ia bisa memiiki 16 thread untuk memenuhi kebutuhan para pengguna ekstrem. Spesifikasi lainnya, prosesor tersebut juga akan memiliki GPU Intel UHD Graphics seri 620.

Baca juga:

Perluas IoT, Intel Akuisisi Manufaktur Spesialis Programmable Chip

Sementara untuk seri i7, spesifikasinya bakal lebih rendah dari i9, namun tetap powerful. Pasalnya, ia akan memiliki 8 core dan 8 thread. Sedangkan seri i5, akan dikemas dengan 6 core dan 6 thread. Namun hingga saat ini belum ada informasi tipe serinya secara detail.

Baca juga:

Intel Kembangkan PC Berbentuk Buku Catatan

Namun satu hal yang cukup disayangkan adalah seluruh lini Intel Core generasi kesembilan tersebut masih menggunakan proses fabrikasi 14 nm. Ini artinya, improvisasi yang dilakukan tak terlalu banyak dari generasi sebelumnya. Rencananya, Intel sendiri baru akan merilis prosesor dengan kodenama Cannon Lake berteknologi 10 nm pada tahun 2019 mendatang.