Punya AirPods? Jadikan Alat Bantu Dengar, yuk!

Technologue.id, Jakarta – Demi menghadirkan fleksibilitas lebih pada para penggunanya, Apple mengenalkan earbud nirkabelnya pada Desember 2016 lalu. Perangkat bernama AirPods tersebut tak cuma dapat memainkan musik atau menelepon, tetapi juga bisa menyalurkan perintah suara Anda ke asisten virtual Apple, Siri.

Namun ternyata, fitur earbud yang mengandalkan konektivitas Bluetooth itu tak berhenti sampai di sana. Faktanya, AirPods juga memungkinkan untuk dijadikan alat bantu dengar berkat fitur Live Listen yang ada di iOS 12.

Bagaimana cara menggunakannya? Berikut langkah-langkahnya, seperti redaksi kutip dari HowToGeek.com.

Baca juga:

Apple Maksimalkan Fitur AirPod pada iOS 12

1. Pertama-tama, Anda perlu memiliki iOS 12 pada iPhone atau iPad Anda yang terkoneksi dengan AirPods. Soalnya fitur Live Listen memanfaatkan gadget Apple sebagai microphone dadakan, yang akan menangkap suara masuk dan mereduksi noise yang ada, sebelum menyalurkannya ke AirPods.

2. Lalu, bukalah Settings > Control Center > Customize Controls. Cari opsi Hearing di bagian More Controls dan sentuh tombol plus berwarna hijau untuk menambahkannya ke Control Center.

Punya AirPods? Jadikan Alat Bantu Dengar, yuk!

Kalau Anda tak menemukan opsi Hearing di sana, mungkin AirPods Anda belum aktif atau terkoneksi dengan perangkat tersebut.

Baca juga:

Huawei Mau Saingi AirPods Buatan Apple?

3. Kalau sudah, akan muncul toggle Live Listen di Control Center, yang bisa diakses dengan mengusap ke atas bagian bawah layar (untuk iPhone 8 atau model yang lebih lama) atau men-swipe down sudut kanan layar untuk (iPhone X dan iPad).

4. Untuk mengaktifkan mode Live Listen, sentuh simbol telinga. Nantinya, akan muncul pop-up informasi bahwa Live Listen sedang “Off”. Sentuh saja bagian Live Listen itu untuk mengaktifkannya.

Punya AirPods? Jadikan Alat Bantu Dengar, yuk!

5. Begitu Live Listen tertulis “On” dan monitor volume level muncul, artinya fitur hearing aid ini sudah aktif. Untuk meningkatkan atau menurunkan volume, manfaatkan saja volume control iPhone atau iPad Anda.

Baca juga:

Bodi Apple iPad Pro 2018 Begitu Rapuh?

Untuk penggunaannya, silakan posisikan iPad atau iPhone Anda di mana pembicaraan yang Anda dengar terjadi, misalnya di atas meja restoran saat pertemuan keluarga berlangsung. Selamat mencoba!

Recent Articles

Lima Assault Rifles Recoil Rendah yang Cocok untuk Pemula di PUBG Mobile

Technologue.id Jakarta - Pemula PUBG Mobile sering mengalami masalah dengan recoil senjata. Hal itu memengaruhi akurasi peluru dan kinerja total di arena tempur....

Laga GoPay Arena Championship Gaet 30 Ribu Gamer

Technologue.id, Jakarta - Setelah diresmikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali pada tanggal 15 Juni 2020, gelaran GoPay Arena...

Dukung UKM, TikTok Hadirkan TikTok for Business

Technologue.id, Jakarta - Platform video pendek TikTok menghadirkan self-serve TikTok for Business sebagai solusi periklanan serta program 'Back-To-Business' yang diklaim dapat membantu...

Polisi Ungkap Pelaku Pembobol Data, Telkomsel Sampaikan Apresiasi

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel memberikan apresiasi kepada Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri atas upaya penindaklanjutan atas laporan resmi Telkomsel tentang...

Aplikasi iOS Crash? Ini Biang Keroknya

Technologue.id, Jakarta - Belakangan ini, banyak pengguna iOS yang mengeluhkan bahwa beberapa aplikasi mereka crash pada saat pertama kali dibuka. Dan dugaan...

Related Stories