Technologue.id, Jakarta – Walaupun belum banyak melakukan perubahan desain pada smartwatchnya, Apple hingga saat ini masih meraup keuntungan cukup banyak dari perangkat Apple Watch. Hal tersebut terlihat dari banyaknya jumlah pendistribusian Apple Watch selama periode kuartal kedua tahun 2018 kemarin.

Mengutip dari TheVerge.com (26/07/2018), salah satu lembaga riset pasar, Canalys baru saja merilis laporan yang menunjukkan bahwa perangkat Apple Watch berhasil didistribusikan sebanyak 3,5 juta unit selama kuartal kedua tahun 2018 lalu. Ini menunjukkan bahwa Apple Watch Series 3 cukup berhasil di pasar.

Baca juga:

Alexa Kini Bisa Disematkan pada Apple Watch

Untuk kawasan Asia, berdasarkan data Canalys, Apple Watch Series 3 dengan fitur LTE menjadi salah satu perangkat smartwatch yang populer. Pasalnya, dari total produksi 250.000 unit, 60 persennya berhasil terjual di kawasan Asia. Selain dari fiturnya, operator di Asia dan Australia juga berperan penting untuk memasarkan produk tersebut.

- Advertisement -

Baca juga:

Ini Dia Arloji Pintar Perdana Marc Jacobs Bernapaskan WearOS

Di sisi lain, Canalys juga mencatat bahwa produk kompetitor keluaran Garmin dan Fitbit juga berhasil mendistribusikan perangkatnya dengan baik sepanjang kuartal kedua tahun 2018. Mereka berhasil meningkatkan pangsa pasar dengan adanya berbagai fitur menarik, seperti pendeteksi detak jantung yang lebih akurat. Fitur smart coaching pada keduanya juga dinilai lebih baik dari Apple Watch.

Baca juga:

Samsung Galaxy Watch Tiba Tahun Ini? Galaxy Gear Apa Kabar?

Di tengah situasi persaingan yang ketat, Apple secara internal berhasil meningkatkan angka penjualan smartphone. Namun secara keseluruhan, pangsa pasar Apple menurun menjadi 34 persen. Sementara pada kuartal pertama tahun 2018, secara global angkanya masih terpaut 43 persen.