Technologue.id, Jakarta – Sebagai nakhoda satu dari segelintir perusahaan teknologi tersukses di dunia, Tim Cook punya keistimewaan tersendiri. Di laporan fiskal Apple tahun 2017, pria berkacamata itu tercatat menerima gaji sekitar Rp43,7 miliar dan bonus yang setara Rp133 miliaran. Jumlah itu belum ditambah dengan sahamnya di Apple senilai Rp1,2 triliun lebih.

Baca juga:

Penjualan iPhone X Diramalkan Lesu, Bagaimana Komentar Apple?

Ditambah dengan kompensasi, melansir Bloomberg.com (27/12/2017), Cook mengantongi Rp1,46 sepanjang 2017. Jumlah itu termasuk fantastis, walaupun secara jumlah masih dibawah perolehannya tahun lalu yang menembus angka Rp2 triliun.

Ya, kendati gaji Cook termasuk sedikit dibandingkan CEO perusahaan lain, Cook adalah satu dari sedikit CEO di Amerika Serikat yang membawa take-home pay lebih dari 100 juta USD, di samping, misalnya, Reed Hastings (CEO Netflix) dengan bayaran Rp1,5 triliunnya.

Baca juga:

iPhone Lawas Anda Jadi Lemot? Menurut Apple Ini Sebabnya

Selain bayaran sebanyak itu, Apple kini juga memfasilitasi suksesor Steve Jobs itu dengan pesawat pribadi. Semua perjalanan Cook, baik yang berkaitan dengan bisnis maupun pribadi, ditanggung oleh raksasa Cupertino tersebut.

Kebijakan yang telah diimplementasikan di tahun 2017 itu bertujuan untuk menjaga keamanan dan efisiensi Cook yang dinilai punya kepentingan yang amat tinggi di Apple. Alhasil sepanjang 2017, Apple mengeluarkan biaya tambahan senilai Rp1,3 miliar untuk biaya perjalanan pribadi Cook dan Rp3,2 miliar untuk meng-cover keamanannya.

Baca juga:

Petinggi Apple: Face dan Iris Recognition di Android Hina!

Inikah saat yang tepat untuk iri dengan kenikmatan yang dimiliki Tim Cook?