Technologue.id, Jakarta – Tak hanya sekedar mempebaiki jaringan agar komunikasi kembali berjalan, XL Axiata juga segera menyalurkan bantuan darurat bagi warga yang terlanda bencana.

Untuk sementara, bantuan akan fokus disalurkan ke wilayah Lombok Utara yang mengalami dampak terberat, di mana ribuan warga mengungsi. Bantuan ini antara lain juga berasal dari Axiata Group, yang merupakan perusahaan induk XL Axiata.

Baca juga:

XL Axiata Gerak Cepat Pulihkan Jaringan Pasca Gempa Lombok

Bantuan akan berupa bahan makanan, obat-obatan, selimut, dan tenda. Selain itu juga ada bantuan berupa perlengkapan penunjang kesehatan bagi warga korban selama di pengungsian, seperti peralatan mandi. Untuk menyalurkan bantuan tersebut, XL Axiata akan berkoordinasi dengan aparat terkait, termasuk juga dengan tim relawan.

- Advertisement -

Bantuan lainnya berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis. Perangkat-perangkat ini akan ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan sehingga selain bisa dimanfaatkan oleh warga, juga bisa pula dipergunakan oleh aparat penanganan bencana.

Baca juga:

Indosat Ooredoo Kirim Mobil Klinik untuk Bantu Korban Gempa Lombok

Selanjutnya, bagi pelanggan yang hendak memberikan donasi bagi korban gempa Lombok, XL Axiata juga telah menyiapkan program “SMS Donasi”. Pelanggan bisa memanfaatkan sarana ini untuk membantu para korban dengan pulsa XL atau Axis miliknya sebesar Rp1.000-Rp. 200.000. Caranya adalah kirim SMS ke 6116: Donasi<spasi>PEDULILOMBOK<spasi>nominal (1000 – 200.000). Atau via umb: *123*6116# pilih PEDULILOMBOK dan ikuti petunjuknya.

Baca juga:

Telkomsel Gratiskan Biaya Telepon untuk Korban Gempa Lombok

Hasil donasi pelanggan ini selanjutnya akan XL Axiata salurkan dalam bentuk program bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan korban. Penyaluran akan dilakukan melalui lembaga sosial yang kredibel dan terpercaya, yang selama ini telah bekerja sama dengan XL Axiata. Program SMS Donasi Lombok ini akan mulai bisa dibuka mulai 6 Agustus hingga 31 Oktober 2018. Informasi seputar program dan penyaluran bantuan bisa dilihat di www.xl.co.id/XLaluberbagi.