Technologue.id, Jakarta – Dengan diluncurkannya jajaran iPhone 11 di Indonesia, Smartfren turut meluncurkan layanan terbarunya eSim (Embedded SIM card) Smartfren pada Senin (9/12/3019). Layanan ini memungkinkan pengguna iPhone memiliki dual SIM karena eSim tidak memerlukan slot SIM.

Baca Juga:
Mengintip Suasana Antrian Beli iPhone 11

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, mengatakan Smartfren satu-satunya provider yang memberikan layanan ini, dan kedepannya teknologi eSim akan mendominasi dunia telekomunikasi karena kepraktisannya. Ia menambahkan layanan eSim dapat digunakan di perangkat iPhone yang sudah mendukung fitur eSim.

Menurut Djoko, kalangan yang memiliki ekonomi baik umumnya memiliki nomor lebih dari satu untuk memisahkan urusan pribadi dan bisnis. Djoko juga mengatakan layanan ini akan memenuhi kebutuhan para traveler yang membutuhkan dual SIM untuk memakai nomor lokal.

“Jadi buat mereka ini kepraktisan dan daya tarik, selain menikmati paket data dari Smartfren,” ujarnya.

Baca Juga:
Smartfren Mulai Terapkan Teknologi eSIM

Smartfren menawarkan eSim dengan harga Rp 180.000 total kuota 90GB (kuota utama 45GB dan kuota malam 45GB) selama setahun, gratis telfon 30 menit ke operator lain dan gratis telfon sepuasnya ke sesama pelanggan Smartfren. Khusus di bulan Desember, bagi pengguna baru eSim Smartfren akan mendapat gratis roaming internet unlimited 30 hari di Singapura.

Diketahui sebagian besar produk iPhone tidak mempunyai dua slot sim yang memungkinkan penggunanya memiliki dua nomor telepon. Hanya beberapa produk seperti iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, dan iPhone 11, iPhone 11Pro dan iPhone 11 Pro Max yang memungkinkan dual SIM dengan teknologi eSim.