Startup Asal Pacitan Ini Disuntik Rp2 Miliar, Apa Karya Mereka?

Startup Asal Pacitan Ini Disuntik Rp2 Miliar, Apa Karya Mereka?
Growpal juarai G-Startup Indonesia 2017 (source: GWC Global Inc.)

Technologue.id, Jakarta – G-Startup Indonesia 2017 telah berakhir dan menahbiskan Growpal sebagai pemenang utama. Startup lokal asal Pacitan itu pun berhak atas hadiah senilai 150.000 USD (sekitar Rp2 miliar). Namun, ini hanyalah sebuah langkah awal bagi Growpal.

Di depan mereka, telah menunggu tantangan besar lainnya. Sebab tak cuma mengantongi hadiah yang terbilang besar, Growpal juga berkesempatan untuk mengikuti kompetisi global G-Startup Worlwide di Silicon Valley. Mereka akan berhadapan dengan ratusan startup internasional dari Seoul, Bangalore, Tel-Aviv, Beijing, Sao Paulo, dan Sillicon Valley sendiri untuk memenangkan investasi tambahan sebesar 250.000 USD (setara Rp3 miliar).

Baca juga:

Berhasil Ciptakan 574% Lapangan Kerja di Indonesia, Grab Sesumbar

Growpal merupakan startup lokal yang menggarap investasi akuakultur untuk industri perikanan di Indonesia. Dengan mempertemukan pemilik modal, investor, dan sponsor, dengan pemilik lahan dan petani ikan laut tanpa rantai perdagangan yang panjang, Growpal mencoba mengakselerasikan agribisisnis perikanan Tanah Air sembari membantu perekonomian masyarakat.

Startup Asal Pacitan Ini Disuntik Rp2 Miliar, Apa Karya Mereka?
Beberapa contoh program crowdinvesting yang sukses dilakukan Growpal (source: Growpal.co.id)

Kompetisi ini sendiri di-support langsung oleh venture capital yang namanya sudah tak asing lagi di sini, sebut saja GDP Venture, Convergence Ventures, dan 500 Startups.

Baca juga:

Tim Papua Juarai FWD Hackathon 2017, Ini Karya Mereka

“GDP Venture dengan bangga mengumumkan bahwa kami akan menginvestasikan dana sejumlah 50.000 USD (Rp675 jutaan) kepada pemenang pertama G-Startup Jakarta. Sejak 2012, kami senang dapat bekerja sama dengan GWC Global Inc., ditambah lagi pada GMIC tahun ini banyak sekali startup hebat dan mengagumkan yang muncul,” papar Danny Oei Wirianto dari GDP Venture, dalam keterangan resmi yang redaksi terima (02/10/17).

Tak mau ketinggalan dengan GDP Venture, Kejora Partner pun meyatakan bersedia memberikan investasi dengan nilai yang sama untuk pemenang utama.

Baca juga:

Tanpa Ribet, Jendela360 Bisa “Teleportasikan” Anda ke Apartemen Incaran

Sebagai informasi, G-Startup Worldwide adalah sebuah kompetisi startup global yang begitu prestisius. Selain menjanjikan investasi lebih dari 1.000.000 USD (Rp13 miliar) di bisnis startup setiap tahunnya, peserta G-Startup Worldwide juga berkesempatan menjadi pemain besar seperti alumninya, contohnya Didi dan App Annie, atau diakuisisi oleh perusahaan raksasa seperti Google, Apple, Amazon, dan Alibaba.