Technologue.id, Jakarta – Adjust, perusahaan teknologi pemasaran digital, membeberkan bagaimana cara mereka mendukung pengembangan strategi pemasaran untuk Traveloka, tech unicorn berbasis daring di Asia Tenggara.

Dikatakan pihak Adjust, Traveloka tertarik untuk bekerja sama dengan mereka karena dapat menyediakan data dengan tingkat detail yang diperlukan. Dimulai dari proses instalasi hingga kemudian melakukan kegiatan dalam aplikasi seperti pencarian produk atau pemesanan.

Baca Juga:
Lewat Fitur Ini, Beli Tiket Pesawat di Traveloka Bisa ke Beberapa Destinasi

Pasalnya, Traveloka membutuhkan informasi mengenai pengalaman pengguna untuk berbagai perangkat karena platform e-commerce besutan lokal ini menawarkan layanan pemesanan perjalanan melalui desktop dan ponsel.

“Komponen kunci dari strategi pemasaran kami adalah melakukan analisis mendalam dan membuat pemodelan pengalaman pengguna, selain itu kami juga berhasil memanfaatkan data atribusi yang kami dapatkan dari Adjust dan sumber lainnya. Artinya, Traveloka dapat menggabungkan berbagai touchpoint dalam pengalaman pengguna untuk berbagai perangkat seluler dan desktop saat membuat program pemasaran,” kata Dian Paskalis, Head of Display Marketing, Paid Social, and Programmatic di Traveloka.

Traveloka dapat menggunakan data granular ini sebagai sumber yang akurat, memeriksa kembali sumber data lainnya dan mendasari keputusan bisnis di berbagai departemen. Klien Adjust juga dapat menggunakan data tersebut untuk meningkatkan tingkat konversi melalui penawaran khusus yang bersifat personal, bernegosiasi dengan pembuat aplikasi dan jaringan serta meningkatkan efisiensi kampanye secara keseluruhan.

Baca Juga:
Traveloka Antisipasi Lonjakan Pesanan Akomodasi Saat Libur Lebaran

Selain itu, beberapa network partner mengirimkan data biaya yang dapat ditindaklanjuti ke Adjust sehingga travel unicorn ini dapat memanfaatkan data biaya untuk membuat custom payout models. Dengan demikian, Traveloka dapat lebih fleksibel saat melakukan perluasan jangkauan di luar jaringan besar dan lebih efisien saat bernegosiasi.

“Kami juga dapat bermurah hati dan fleksibel dengan model-model kami. Ini berhasil mendorong pertumbuhan dan Traveloka berhasil mencapai meningkatkan efisiensi sebesar 30% berkat informasi yang lebih lengkap tentang pengguna kami,” ungkap Paskalis.

Sejak bekerja sama dengan Adjust, kinerja jaringan Traveloka telah meningkat sebesar 25% dan in-app engagement serta konversi Traveloka meningkat sebesar 30%.

Secara keseluruhan, efisiensi pemasaran meningkat sebesar 30% dan semua penghematan biaya diinvestasikan kembali secara langsung dalam pemasaran – sehingga Traveloka dapat terus meningkatkan skala dan melakukan pengujian.