Strategi Traveloka Jadi Travel Unicorn di Asia Tenggara

Technologue.id, Jakarta – Adjust, perusahaan teknologi pemasaran digital, membeberkan bagaimana cara mereka mendukung pengembangan strategi pemasaran untuk Traveloka, tech unicorn berbasis daring di Asia Tenggara.

Dikatakan pihak Adjust, Traveloka tertarik untuk bekerja sama dengan mereka karena dapat menyediakan data dengan tingkat detail yang diperlukan. Dimulai dari proses instalasi hingga kemudian melakukan kegiatan dalam aplikasi seperti pencarian produk atau pemesanan.

Baca Juga:
Lewat Fitur Ini, Beli Tiket Pesawat di Traveloka Bisa ke Beberapa Destinasi

Pasalnya, Traveloka membutuhkan informasi mengenai pengalaman pengguna untuk berbagai perangkat karena platform e-commerce besutan lokal ini menawarkan layanan pemesanan perjalanan melalui desktop dan ponsel.

“Komponen kunci dari strategi pemasaran kami adalah melakukan analisis mendalam dan membuat pemodelan pengalaman pengguna, selain itu kami juga berhasil memanfaatkan data atribusi yang kami dapatkan dari Adjust dan sumber lainnya. Artinya, Traveloka dapat menggabungkan berbagai touchpoint dalam pengalaman pengguna untuk berbagai perangkat seluler dan desktop saat membuat program pemasaran,” kata Dian Paskalis, Head of Display Marketing, Paid Social, and Programmatic di Traveloka.

Traveloka dapat menggunakan data granular ini sebagai sumber yang akurat, memeriksa kembali sumber data lainnya dan mendasari keputusan bisnis di berbagai departemen. Klien Adjust juga dapat menggunakan data tersebut untuk meningkatkan tingkat konversi melalui penawaran khusus yang bersifat personal, bernegosiasi dengan pembuat aplikasi dan jaringan serta meningkatkan efisiensi kampanye secara keseluruhan.

Baca Juga:
Traveloka Antisipasi Lonjakan Pesanan Akomodasi Saat Libur Lebaran

Selain itu, beberapa network partner mengirimkan data biaya yang dapat ditindaklanjuti ke Adjust sehingga travel unicorn ini dapat memanfaatkan data biaya untuk membuat custom payout models. Dengan demikian, Traveloka dapat lebih fleksibel saat melakukan perluasan jangkauan di luar jaringan besar dan lebih efisien saat bernegosiasi.

“Kami juga dapat bermurah hati dan fleksibel dengan model-model kami. Ini berhasil mendorong pertumbuhan dan Traveloka berhasil mencapai meningkatkan efisiensi sebesar 30% berkat informasi yang lebih lengkap tentang pengguna kami,” ungkap Paskalis.

Sejak bekerja sama dengan Adjust, kinerja jaringan Traveloka telah meningkat sebesar 25% dan in-app engagement serta konversi Traveloka meningkat sebesar 30%.

Secara keseluruhan, efisiensi pemasaran meningkat sebesar 30% dan semua penghematan biaya diinvestasikan kembali secara langsung dalam pemasaran – sehingga Traveloka dapat terus meningkatkan skala dan melakukan pengujian.

Recent Articles

Netmarble Lurncurkan Event The Seven Deadly Sins: Grand Cross X Attack on Titan

Technologue.id, Jakarta - Netmarble luncurkan event baru di game buatannya, The Seven Deadly Sins: Grand Cross X Attack on Titan pada 21...

Presiden AS Putuskan Blokir WeChat

Technologue.id, Jakarta - Ancaman pemblokiran terhadap aplikasi populer asal China oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bukan hanya mendera TikTok saja....

Xiaomi Kembangkan Ponsel dengan Layar yang Bisa Dibongkar-Pasang

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi tidak henti-hentinya melakukan inovasi. Setelah banyak meluncurkan beragam ponsel pintar, kali ini raksasa teknologi asal China itu dikabarkan...

Samsung Dirikan Test Center Covid-19 di Korea Selatan

Technologue.id, Jakarta - Dampak pandemi Covid-19 hingga saat ini masih dirasakan oleh berbagai pihak, tak terkecuali oleh raksasa teknologi asal Korea Selatan,...

Karyawan Microsoft Kembali ke Kantor Awal 2021

Technologue.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang harus mengubah kebiasaannya untuk tetap bekerja di rumah demi keamanan dan kesehatan masing-masing. Karyawan...

Related Stories