Telkomsel-Sisfo Hadirkan Teknologi untuk Majukan Sektor Maritim Indonesia

Technologue.id, Jakarta – Sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah dalam menjaga sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia dan membantu peningkatan kesejahteraan nelayan, Telkomsel bekerja sama dengan Sisfo Indonesia menghadirkan solusi sistem pemantauan kapal perikanan (Vessel Monitoring Solution atau VMS).

Buah kolaborasi ini menghasilkan VMS dengan teknologi hybrid yang memanfaatkan infrastruktur GSM sebagai solusi dari Telkomsel MyBusiness untuk melengkapi fitur-fitur yang ada di alat pemantau kapal perikanan tersebut.

”Kerja sama dengan Sisfo Indonesia sesuai dengan semangat Telkomsel untuk memberikan manfaat teknologi telekomunikasi ke seluruh lapisan masyarakat. Infrastruktur GSM yang digunakan pada VMS tidak hanya akan membantu pemantauan penangkapan ikan oleh pemerintah, tapi juga akan membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan nelayan,” tutur Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi.

Baca juga:

Era Industri 4.0, Kemenperin Dorong Penguasaan Teknologi Selevel Global

Perangkat Vessel Monitoring Solution (Eksklusif/Technologue.id)

Selain teknologi konektivitas hybrid, solusi VMS juga memililki banyak fitur seperti Tracking untuk memonitor posisi dan pergerakan kapal, Log Book yang memungkinkan nelayan melaporkan posisi penangkapan dan hasil ikan sehingga hasil tangkapan diterima oleh pasar dengan harga yang layak, Fish Forecast untuk membantu nelayan mengidentifikasi keberadaan ikan di laut, Distress Solution / Panic Button yang dapat digunakan nelayan untuk menginformasikan keadaan darurat di kapal untuk mendapatkan bantuan.

Baca juga:

Telkomsel Satukan Solusi Bisnis UKM dalam Satu Portal

Selain itu disematkan juga Weather Information guna memberikan informasi perkiraan cuaca dari pihak otoritas seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Messaging Service yang merupakan sistem pengiriman pesan untuk memungkinkan nelayan berkomunikasi dengan petugas pelabuhan yang berwenang di darat.

Tak ketinggalan hadirnya fitur Geofencing yang memanfaatkan GPS atau radio frequency identification untuk membantu nelayan mendapatkan informasi ketika memasuki daerah terlarang untuk menangkap ikan.

Baca juga:

Telkomsel Bangun Lab IoT Dorong Penguatan Ekosistem

VMS merupakan bagian dari usaha dalam memerangi illegal, unreported dan unregulated fishing. Untuk fishing coordinator atau pemilik kapal, VMS akan membantu untuk efisiensi dan efektivitas pengelolaan informasi kapal, serta untuk memperkirakan hasil tangkapan ikan. Sedangkan bagi nelayan, VMS akan membantu untuk meningkatkan produktivitas serta mempermudah komunikasi dari kapal.

“Dengan mengunakan tambahan infrastruktur GSM di jaringan Telkomsel, teknologi hybrid pada VMS akan lebih banyak memberikan keuntungan baik bagi nelayan, maupun bagi keperluan peningkatan kualitas penangkapan ikan oleh nelayan,” tutup Direktur Utama, Sisfo Indonesia, Nirwan Harahap.

Recent Articles

Berbagi Informasi Tentang Era New Normal, PT. Datascrip dan Canon Gelar Halal Bihalal Virtual

Technologue.id, Jakarta - Menyambut era normal baru di berbagai kota di Indonesia, pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di...

Fast and Furious Crossroads Siap Rilis Bulan Agustus

Technologue.id, Jakarta - Fast & Furious Crossroads bawa mobil, gadget, dan keluarga ke PC, PS4, dan Xbox One pada 7 Agustus 2020.

Facebook ‘Todong’ Akun yang Tebar Konten Viral

Technologue.id, Jakarta - Facebook dikabarkan mulai menyoroti akun yang sering membagikan postingan viral. Kebijakan ini diambil guna memastikan akun tersebut asli dan...

The Last of Us Part II Segera Hadir dengan Seagate Game Drive Edisi Terbatas Berlisensi Resmi

Technologue.id, Jakarta - Seagate memperkenalkan Seagate Game Drive 2 TB The Last of Us Part II Edisi Terbatas Berlisensi Resmi, yang akan...

Keren! Dokter Ini Kenakan APD Bertema Superhero

Technologue.id, Jakarta - Kecintaannya terhadap tokoh-tokoh superhero membuat nama Dokter Rollando Erric Manibuy melejit di media sosial. Ia menjadi sorotan warganet setelah...

Related Stories