Technologue.id, Jakarta – Google membuat keputusan yang ternyata cukup mengundang keluhan dari pengguna. Melalui akun Twitter resminya, Google mengumumkan telah resmi menanggalkan tombol “View Image” pada kolom pencarian gambar.

Langkah ini merupakan imbas dari keluhan yang dilayangkan oleh Getty Images ke Uni Eropa pada tahun 2016 yang lalu. Menurut Getty Image, fungsi pencarian gambar pada Google sama saja dengan mendukung pembajakan karena memberikan akses yang begitu mudah pada foto beresolusi tinggi tanpa harus repot-repot melihat sumber aslinya.

Baca juga: 

Google Semakin Serius Garap Fitur Smart Reply

Sedikit penjelasan, fitur ‘View Image’ yang ada di Google memudahkan penggunanya untuk mencari, mengakses, dan mengunduh gambar dengan mudahnya. Pengguna tak perlu lagi berkunjung ke website yang terkait gambar yang dicari.

Mengutip Ubergizmo.com (18/02/2018), dengan hilangnya fitur ini tentu pengguna tak akan lagi dapat dengan mudah mengunduh gambar dari Google. Pengguna diharuskan mengakses website dari gambar yang bersangkutan.

Baca juga: 

Google Tampilkan Kecepatan Wi-Fi Publik pada Android

Melalui tweet lanjutannya, Google turut menjelaskan bahwa hilangnya tombol ‘View Image’ juga memiliki efek positif. Dimana pengguna dapat memperoleh informasi lebih mengenai gambar yang dibutuhkan dengan mengunjungi website terkait. Tentunya langkah ini juga disebut sebagai win-win solution bagi pengguna, web publisher, dan juga tentunya para pemegang hak cipta.

Baca juga: 

Pengguna iPhone Cenderung “Ilfeel” Sama Pemakai Android

Google dan Getty Images telah mencapai kesepakatan awal bulan ini. Dimana dengan kerjasama ini Google mendapatkan lisensi untuk menggunakan foto dari Getty Images setiap untuk produknya. Sedangkan hilangnya tombol ‘View Image’ pada halaman pencarian gambar ini tentu juga merupakan salah satu dari poin kesepakatan tersebut.