Technologue.id, Jakarta – Ada kalanya pengguna smartphone ataupun tablet kehabisan kuota data di tempat umum sehingga harus menggunakan Wi-Fi publik yang tersedia secara gratis. Meski tampak menyenangkan, kenyataannya tak semua Wi-Fi publik memiliki akses internet yang kencang, dan Google punya cara sendiri untuk memberitahukan hal tersebut kepada para pengguna Android.

Mengutip dari GSMArena.com (22/01/2018), Google diam-diam menyematkan sebuah fitur khusus pada Android Oreo terbaru versi 8.1 yang baru dirilis beberapa waktu lalu. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengetahui apakah Wi-Fi publik yang bisa diakses masih layak digunakan atau tidak.

Baca juga:

Berapa Harga Pigura Pintar Besutan Lenovo-Google Ini?

Untuk bisa melihat kecepatannya, pengguna hanya perlu membuka menu Wi-Fi seperti biasa, layaknya ingin melakukan koneksi sesuai dengan nama Wi-Fi yang dituju. Dari situ, masing-masing nama Wi-Fi tersebut akan muncul kata Fast, Very Fast, OK, dan Slow, yang merepresentasikan kecepatan download maupun upload.

Baca juga:

Menjajal Serunya Mesin Google Assistant di CES 2018

Google memang tidak memberikan angkanya secara detail, namun kata-kata yang ditampilkan sudah cukup mewakili sehingga pengguna tak perlu repot-repot untuk melakukan pengujian kecepatan internet atau speed test. Very Fast sendiri berarti bahwa internet memiliki kecepatan di atas 20 Mbps, sementara Fast 5-20 Mbps, OK 1-5 Mbps, dan Slow 0-1 Mbps.

Baca juga:

Benarkah Go-Jek Dapat Suntikan Dana dari Google?

Jika terganggu dengan label kecepatan tersebut, pengguna pun bisa mematikan fitur tersebut melalui opsi Settings > Network & Internet > Wi-Fi > Wi-Fi preferences > Advanced > Network rating provider.