Terungkap, Twitter Jual Akses Data User ke Pentolan Cambridge Analytica

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sebuah kabar yang mengejutkan berembus dari markas Twitter. Sebab ternyata, perusahaan bersimbol burung biru itu juga berada di pusaran skandal sharing data yang mencatut sebelumnya telah menyeret Facebook.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Twitter kepada Bloomberg.com (29/04/2018), bahwa mereka menjual akses data publik ke Aleksandr Kogan, pendiri Global Science Research (GSR) selama sehari di tahun 2015. GSR merupakan perusahaan pembuat aplikasi kuis di Facebook dan memanfaatkan data para pengguna kuis tersebut secara diam-diam, yang pada akhirnya dimanfaatkan oleh Cambridge Analytica.

Baca juga:

Pengguna Bertambah, Twitter Akan Raih Profit?

“Di tahun 2015, benar bahwa GSR berkesempatan mendapatkan akses API ke sampel acak tweet publik dalam kurun lima bulan dari Desember 2014 sampai April 2015,” jelas perusahaan yang dipimpin Jack Dorsey itu. GSR sendiri membayar untuk mendapatkan akses tersebut.

Namun, Twitter membantah kalau pemberian data ini mengancam privasi penggunanya. Mereka pun telah menghapus Cambridge Analytica dan para afiliasinya sebagai pengiklan.

Baca juga:

Akhirnya, Twitter Raih Untung untuk Pertama Kalinya

“Berdasarkan laporan terbaru, kami telah melakukan review internal dan tidak menemukan akses ke data pribadi para pengguna Twitter,” tambah mereka.

Kasus ini memang tak gamblang termasuk pelanggaran privasi besar layaknya apa yang sudah dialami para pengguna Facebook. Akan tetapi, tetap saja, hal ini masih menunjukkan betapa rentannya perusahaan teknologi informasi dalam menjaga kepercayaan user-nya.

Baca juga:

Twitter Blokir Sejumlah Akun Penipuan

Bagaimana menurut Anda?

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories