Technologue.id, Jakarta – ASUS resmi meluncurkan VivoBook Pro F570 dengan berbagai hardware canggih, termasuk prosesor AMD Ryzen dan GPU Nvidia GeForce GTX 1050. Desainnya pun memikat dengan bodi yang tipis, ramping dan ringan. Lalu bagaimana dengan kemampuan software-nya? Nah, ASUS membekali perangkat ini dengan tiga software andalan, yaitu ASUS Splendid, ASUS Tru2Life dan Sonic Master.

Baca juga:

Kawinkan AMD Ryzen dengan Nvidia GTX, ASUS Luncurkan VivoBook Pro F570

ASUS Splendid berfungsi untuk mengoptimalkan warna dalam beberapa mode, yaitu Normal, Eye Care, Vivid dan Manual. Eye Care Mode berfungsi untuk mengurangi kelelahan pada mata dengan mengurangi sinar biru sampai 30%.

Pada grafik berikut ini terlihat sumbu Y yang menunjukkan intensitas cahaya, sementara sumbu X menunjukkan panjang gelombang. Intensitas cahaya paling tinggi tampak pada panjang gelombang sinar biru 450 nm. Maka ASUS pun menambahkan filter pada layar untuk membatasi sinar biru tersebut berdasarkan piksel, yaitu pada panjang gelombang 450 nm. Dengan selektif berdasarkan piksel tersebut maka pengalaman menonton video yang vivid tetap terjamin.

Grafik Intensitas Sinar Biru
Grafik Intensitas Sinar Biru

Vivid mode ini dapat diaktifkan demi memberikan pengalaman menoton dengan tampilan paling vivid. Terlihat perbedaan yang begitu besar pada tampilan layar saat Vivid mode aktif dan pada saat tidak aktif. Ini karena Asus pun membuat saturasi warna berdasarkan piksel.

Pada Manual Mode pengguna bisa menyesuaikan temperatur warna sesuai dengan kondisi penerangan yang berbeda. Asus memahami bahwa penggunaan laptop bisa di mana saja. Pengguna bisa bekerja pada lingkungan yang gelap, tetapi terkadang bisa juga bekerja di bawah matahari langsung. Manual mode ini memungkinkan pengguna memilih pengaturan yang paling sesuai dengan kondisi penerangan saat itu.

Jadi gambar akan ditampilkan terbaik pada layar notebook VivoBook Pro F570 menggunakan ASUS Splendid. Sementara itu ASUS Tru2Life Video merupakan software untuk membuat tampilan video lebih sempurna. Dengan perangkat lunak ini tapilan kontras video bisa dibuat berbeda 150%.

Baca juga:

Asus Betah Bertengger di Ranking Teratas Pasar Laptop

Jika ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life Video berkaitan dengan tampilan grafis pada layar, maka terkait suara ada Sonic Master. Perangkat lunak ini siap mengeluarkan suara sejernih kristal dari VivoBook Pro F570. Sonic Master menyediakan beberapa mode untuk menyesuaikan suara berdasarkan kondisi yang berbeda. Mode tersebut mencakup music, movie, speech, gaming, dan recording.

Sonic Master
Sonic Master

Baca juga:

Microsoft Windows 10 Hadir di Semua Notebook ASUS

Selain ketiga software andalan ASUS tersebut, terdapat pula algoritma untuk membedakan jenis sentuhan pada touchpad. Algoritma tersebut memastikan setiap kode gesture yang dilakukan pada touchpad akan diterjemahkan sesuai dengan fungsi atau instruksi yang ada. Sementara itu Windows Hello siap untuk mengamankan notebook ini bersama dengan sensor sidik jari yang tersedia.