TikTok vs TikTok Lite, Apa Bedanya?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – TikTok menjadi salah satu aplikasi media sosial yang berkembang pesat saat ini. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer ByteDance ini memang banyak digemari, karena mudah digunakan dan memungkinkan pengguna membuat video lucu yang kemudian menjadi viral.

Pada awal Agustus 2018, ByteDance merilis versi aplikasi yang lebih ringan. Dengan nama TikTok Lite, aplikasi ini awalnya hanya terbatas di beberapa negara Asia Tenggara.

Meski namanya Lite, aplikasi ini juga tidak jauh berbeda dengan aslinya. Penasaran apa itu TikTok versi Lite dan perbedaannya dengan versi biasa? Yuk simak ulasan di bawah!

Baca Juga:
Aplikasi Tik Tok Sematkan Teknologi Manipulasi Wajah?

Kapasitas penyimpanan

Biasanya, versi Lite dari aplikasi apa pun berukuran lebih kecil, memiliki fitur terbatas dan ditujukan untuk orang-orang di jaringan data 3G atau 2G yang lebih lambat.

Aplikasi TikTok memiliki ukuran file sekitar 182MB saat instalasi dan pada akhirnya mengakumulasi lebih banyak ruang (data aplikasi + cache) tergantung pada penggunaannya.

Di sisi lain, TikTok Lite lebih kecil yaitu 30MB. Kombinasi data aplikasi dan data cache membuat ukuran penyimpanannya menjadi sekitar 125 MB. Oleh karena itu, versi Lite sangat cocok jika Anda memiliki ponsel dengan penyimpanan internal terbatas.

Jika Anda berniat menonton video TikTok untuk bersenang-senang, maka aplikasi ringan adalah pilihan terbaik Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menggesek video untuk beralih di antara mereka. Secara teori itu juga harus bekerja pada ponsel dengan kecepatan data yang lebih lambat.

Tetapi jika Anda adalah penggemar TikTok yang suka mengedit dan sering mengunggah video, tetap gunakan aplikasi TikTok.

Antarmuka

Sekilas, antarmuka kedua aplikasi ini mirip. Anda dapat mengakses video melalui tombol beranda dan di sampingnya ada empat opsi: pencarian, unggah, pemberitahuan, dan profil.

Anda masih dapat menggilir video dengan menggesek ke atas dan mengunjungi profil pengunggah dengan menggesek ke kiri. Saat Anda melihat-lihat video, Anda akan melihat bahwa mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat.

Aplikasi video diketahui melakukan pramuat konten untuk transisi mulus dari satu video ke video lainnya. Sayangnya, aplikasi Lite tidak dirancang untuk menghemat data, baterai, dan penyimpanan, itulah alasan kelambatan dan kelambatan.

Perbedaan kecil lainnya adalah ikon aplikasi. Aplikasi TikTok memiliki ikon lingkaran dengan latar belakang hitam, sedangkan versi Lite memiliki kotak dengan latar belakang putih.

Fitur-fitur

Biasanya, versi ringan aplikasi hanya menyediakan fungsi dasar. Meskipun deskripsi aplikasi untuk TikTok Lite menjanjikan studi kreatif (dan banyak lagi), fungsi Unggah atau Upload tidak berfungsi. Ketukan pada opsi Unggah ke TikTok Lite menampilkan pesan yang menyatakan bahwa fitur unggah akan diperkenalkan di pembaruan nanti.

Di sisi lain, aplikasi TikTok menawarkan beragam suara, visual, dan transisi yang mengesankan. Jika Anda menyukai video tertentu, Anda dapat membuat versi Anda sendiri dengan mengetuk Seni Album> Rekam.

TikTok Lite memungkinkan Anda melihat orang yang telah membuat ulang lagu atau video tertentu, tetapi ketika harus merekamnya, opsi tersebut tidak ada.

Baca Juga:
TikTok Luncurkan Fitur QnA

Profil dan konfigurasi

Dengan TikTok, Anda juga dapat mengatur TikCode Anda sendiri. TikCode (mirip dengan tag identifikasi Instagram) menghilangkan proses manual mengetik dan mencari pengguna. Sebaliknya, Anda cukup memindai kode dan melanjutkan.

Selain TikCode, ada beberapa opsi privasi untuk memilih siapa yang dapat mengunduh dan menonton video Anda, sehingga mencegah orang lain menyalahgunakan video publik Anda.

Juga, ini menjadi tuan rumah pengaturan lain seperti Daftar Blokir, LivePhoto, Wallet dan banyak lagi. Sayangnya, pabrikan telah menghapus sebagian besar pengaturan yang disebutkan di atas dari aplikasi TikTok Lite.

Dalam hal privasi, Anda memiliki opsi untuk memblokir orang lain, menjadikan akun Anda pribadi, dan beberapa pengaturan pemberitahuan dasar. Dan itu dia. Jelas, jika Anda tidak memiliki video untuk dilindungi, pengaturan privasi tidak akan banyak berguna.

Kemampuan berbagi

Terlepas dari fitur di atas, perbedaan besar lainnya antara TikTok dan TikTok Lite adalah kemampuannya untuk berbagi. Aplikasi TikTok menawarkan banyak fitur seperti Duet, React, Save Video, Share as GIF, Favorites, dan Live Photos. Ini merupakan tambahan dari opsi berbagi Android standar seperti Bagikan di Facebook, Bagikan di Instagram, dll.

Tak perlu dikatakan, banyaknya pilihan membuat berbagi video dan menyimpan urusan yang sempurna. Selain itu, Anda tidak perlu bergantung pada aplikasi pihak ketiga untuk hal-hal sederhana seperti membuat GIF.

Tidak mengherankan, TikTok Lite juga mengurangi fitur-fitur ini dan hanya menawarkan dua opsi: Salin Tautan dan Laporkan. Meskipun tidak adanya fitur seperti Duet dan React masuk akal, akan lebih bagus jika opsi sederhana seperti Favorit dan Bagikan sebagai GIF juga ada.

Untungnya, opsi berbagi standar masih ada. Jadi untuk menyimpan video, Anda harus menggunakan pengunduh video pihak ketiga. Juga, pembuat GIF jika Anda ingin mengonversi video.

- Advertisement -

Latest News

A Day Without We, Game Asal Indonesia yang Bakal Rilis di PlayStation 5 dan Xbox Series X/S

Technologue.id, Jakarta - Setelah game buatannya sukses di Steam, Gamecom Team Studio, developer game asal Indonesia, bareng publisher game asal Rusia, ChiliDog...

Samsung Boyong Jajaran TV Premium Terbaru

Technologue.id, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan empat TV terbaru, Kamis (6/5/2021). Adalah The Sero, The Frame, The Serif, dan The...

Menang Flash Sale Shopee, Pengguna Kecewa Transaksi Dibatalkan Sepihak

Technologue.id, Jakarta - Penjualan cepat atau flash sale di e-commerce sudah menjadi "bumbu" menggiurkan yang selalu jadi incaran calon pembeli. Namun sejumlah...

Samsung Boyong Smart TV Premium Neo QLED 8K, Segini Harganya

Technologue.id, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan smart TV premium, Neo QLED 8K pada Kamis (6/5/2021). Produk ini digadang mampu memberikan...

Ini Media Sosial Garapan Donald Trump

Technologue.id, Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump meluncurkan "platform komunikasi" setelah hampir empat bulan dilarang oleh sebagian besar situs media...

Related Stories