Tips Memilih Powerbank Berkualitas

Ilustrasi powerbank (Denny Mahardy/Technologue.id)

Technologue.id, Jakarta – Aksesoris pengisi daya mobile alias powerbank sekarang ini sudah masuk dalam salah satu kebutuhan wajib bagi para pengguna gadget. Wajar bila kemudian powerbank dijual secara luas, mulai dari mall, toko gadget hingga di kaki lima. Bagaimana cara memilih powerbank berkualitas?

Technologue.id berbincang dengan pemilik salah satu brand powebank asal Indonesia yang cukup berpengalaman. Denny pemilik brand powerbank Delcell mau buka-bukaan cara memilih aksesoris pengisi daya mobile berkualitas yang ramah kantong.

Pertama, kata Denny, lihat ukuran dan tulisan kapasitas yang tertera di bodi powerbank. “Biasanya powerbank yang berkualitas itu secara bentuk dan material kemasannya bagus. Kapasitasnya juga maksimal 20 ribu mAh, kalau lebih dari itu biasanya sih abal-abal,” katanya.

Kedua, periksa berat powerbank. Menurut Denny, biasanya powerbank yang bagus memiliki massa yang lumayan berat karena dipengaruhi jumlah cell battery yang ada di dalamnya. “Kalau kapasitasnya besar logikanya bobotnya juga cukup berat, karena bobot cell relatif sama saja,” jelas Denny.

Ketiga, cari powerbank yang berani memberi jaminan dalam bentuk garansi terbaik. “Produk bagus cenderung berani buat kasih jaminan gak masuk akal. Misalnya Delcell kasih jaminan full replacement selama setahun, karena kami yakin barang kami gak akan bermasalah selama setahun kalau ada masalah kami ganti baru,” klaimnya.

Selanjutnya, Denny menyebutkan merek powerbank pun bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Pasalnya, merek yang sudah terbukti bagus cenderung tidak mau ambil resiko dengan mengorbankan brand untuk produk yang tidak memuaskan.

“Merek powerbank yang bagus itu gak banyak sebenarnya jadi gampang dilihat. Tapi, sebelum memilih berdasarkan merek sebaiknya pastikan ciri-ciri produknya sesuai karena bisa saja ternyata barang yang kita beli itu produknya bajakan. Banyak kan powerbank merek top dijual di pinggir jalan dibanderol murah, biasanya itu sih palsu,” tandas Denny saat ditemui Technologue.id.

Baca juga :
Teknologi Baterai Gadget Lambat Berkembang, Apa Alasannya?
Canggih! Asus ZenPower Ultra Powerbank 20.100 mAh
Review: LG X Power, Daya Baterai Jumbo dengan Harga Terjangkau