Technologue.id, Jakarta – Musibah atau problem bisa muncul kapan saja, tak terkecuali dengan WhatsApp. Kendati instant messenger ini sudah dipercaya lebih dari 1 miliar masyarakat sedunia, ternyata masih memungkinkan mengalami eror juga.

Dari penelusuran redaksi ke situs DownDetector.com, tercatat bahwa laporan eror terhadap WhatsApp mulai bermunculan hari ini (03/11/17) antara pukul 13.00 sampai 16.00 WIB di pelbagai negara, termasuk di Indonesia. Di antara durasi tiga jam itu, tercatat lebih dari 2.000 report yang tertampung DownDetector.com.

Baca juga:

Serba-serbi WhatsApp Business, Ini yang Harus Anda Ketahui

Adapun laporan eror yang paling sering dilaporkan pengguna WhatsApp di DownDetector.com, yaitu koneksi (45 persen), menerima atau mengirim pesan (40 persen), dan log-in (13 persen).

Namun, problem pada WhatsApp ini menurut redaksi tidaklah merata. Dari situs itu juga, redaksi menemukan sejumlah laporan dari netizen Tanah Air. Wahyu Saputro, misalnya, menuliskan WhatsApp down pukul 16:36 WIB. Akan tetapi, user lain, yakni Rike N S dan Aditya Rifai, menyatakan aplikasi WhatsApp setahu mereka sudah normal pukul 16:26 dan 16:23 WIB.

Baca juga:

Begini Cara Menarik Kembali Chat Salah Kirim di WhatsApp

Sementara di Twitter, cuitan terkait erornya WhatsApp juga membanjir bersamaan dengan trending-nya tagar #WhatsAppDown. Akun @viamaliaa, misalnya, mencantumkan screenshot beberapa chat-nya yang hanya menampilkan simbol jam abu-abu tanda chat belum berhasil terkirim.

Waduh, Indonesia Terdampak WhatsApp Eror
Keluhan WhatsApp error (source: Twitter/viamaliaa)

Seorang tweep dengan akun @a_nashir bahkan tak cuma mendapati pesan yang tak terkirim, tetapi berupa laporan dan permintaan langsung dari WhatsApp.

Waduh, Indonesia Terdampak WhatsApp Eror
Pemberitahuan eror dan permintaan maaf dari WhatsApp (source: Twitter/a_nashir)

Baca juga:

Ini Trik Beriklan di Instagram, Siap-siap Bisnis UKM Anda Makin Besar!

Apakah Anda juga korban erornya WhatsApp hari ini?