Technologue.id, Jakarta – Musibah atau problem bisa muncul kapan saja, tak terkecuali dengan WhatsApp. Kendati instant messenger ini sudah dipercaya lebih dari 1 miliar masyarakat sedunia, ternyata masih memungkinkan mengalami eror juga.

Dari penelusuran redaksi ke situs DownDetector.com, tercatat bahwa laporan eror terhadap WhatsApp mulai bermunculan hari ini (03/11/17) antara pukul 13.00 sampai 16.00 WIB di pelbagai negara, termasuk di Indonesia. Di antara durasi tiga jam itu, tercatat lebih dari 2.000 report yang tertampung DownDetector.com.

Baca juga:

Serba-serbi WhatsApp Business, Ini yang Harus Anda Ketahui

- Advertisement -

Adapun laporan eror yang paling sering dilaporkan pengguna WhatsApp di DownDetector.com, yaitu koneksi (45 persen), menerima atau mengirim pesan (40 persen), dan log-in (13 persen).

Namun, problem pada WhatsApp ini menurut redaksi tidaklah merata. Dari situs itu juga, redaksi menemukan sejumlah laporan dari netizen Tanah Air. Wahyu Saputro, misalnya, menuliskan WhatsApp down pukul 16:36 WIB. Akan tetapi, user lain, yakni Rike N S dan Aditya Rifai, menyatakan aplikasi WhatsApp setahu mereka sudah normal pukul 16:26 dan 16:23 WIB.

Baca juga:

Begini Cara Menarik Kembali Chat Salah Kirim di WhatsApp

Sementara di Twitter, cuitan terkait erornya WhatsApp juga membanjir bersamaan dengan trending-nya tagar #WhatsAppDown. Akun @viamaliaa, misalnya, mencantumkan screenshot beberapa chat-nya yang hanya menampilkan simbol jam abu-abu tanda chat belum berhasil terkirim.

Waduh, Indonesia Terdampak WhatsApp Eror
Keluhan WhatsApp error (source: Twitter/viamaliaa)

Seorang tweep dengan akun @a_nashir bahkan tak cuma mendapati pesan yang tak terkirim, tetapi berupa laporan dan permintaan langsung dari WhatsApp.

Waduh, Indonesia Terdampak WhatsApp Eror
Pemberitahuan eror dan permintaan maaf dari WhatsApp (source: Twitter/a_nashir)

Baca juga:

Ini Trik Beriklan di Instagram, Siap-siap Bisnis UKM Anda Makin Besar!

Apakah Anda juga korban erornya WhatsApp hari ini?