Technologue.id, Jakarta – Jika Anda adalah kelompok masyarakat yang tertarik menggunakan iPhone X, wajar saja. Perangkat itu memang membuat banyak orang penasaran hingga ingin memilikinya, karena selain sarat akan nilai historis Apple, desain dan fiturnya juga tergolong futuristik.

Baca juga:

Ternyata, Jeroan iPhone X Sangat Berbeda dengan iPhone Terdahulu

Akan tetapi, kemungkinan tak semua orang ketika sudah memiliki atau menggunakan iPhone X merasa nyaman. Ada kelemahan mendasar yang dimiliki oleh smartphone pertama yang tak memiliki home button itu, yakni amat susah dioperasikan dengan satu tangan saja.

Melansir BusinessInsider (24/11/2017), iPhone X ukurannya memang hanya sedikit lebih besar daripada iPhone 6, iPhone 7, dan iPhone 8. Namun dengan dihilangkannya tombol home, maka permukaan layar yang bisa disentuh pada iPhone X juga meluas.

Baca juga:

Ini 5 Gadget Terinovatif 2017, Ada iPhone X?

Diilustrasikan dalam gambar berikut, sangat susah bagi jempol tangan kanan Anda untuk menyentuh ikon aplikasi paling kiri di bagian atas maupun bawah. Selain itu, membuka notification drawer atau mengakses control center pun tidak lagi mudah dengan satu tangan saja.

Jika memaksa menggunakan satu tangan saja untuk mengoperasikannya, berhati-hatilah. Tentu saja Anda tidak ingin menjatuhkan ponsel seharga lebih dari 1.000 USD ini gara-gara kesalahan bodoh, kan? Terlebih, Apple bakal mengganjar Anda dengan ongkos sebesar Rp7,5 juta untuk mengganti kaca belakang iPhone X yang rusak atau pecah.

Baca juga:

Bocor, Desain Oppo R13 Mirip iPhone X!

Praktis, desain anyar iPhone dengan Face ID ini memaksa penggunanya untuk mengubah kebiasaan dalam menggunakan smarthone, sebuah hal yang kurang nyaman bagi Anda yang sudah terbiasa dengan gawai mungil dan mengoperasikannya dengan satu jempol saja. Akan tetapi, jika sisi “reachability” ini tidak bermasalah bagi Anda, jangan ragu untuk membeli iPhone X ketika masuk resmi ke Indonesia nanti.