Technologue.id, Jakarta – Instagram terus mengalami banyak perubahan, terutama dalam meningkatkan fitur video-sharing. Setelah fitur video 15 detik hingga 1 menit dan Instagram Stories, sekarang Instagram sedang mencoba membuat TV untuk mobile melalui fitur baru bernama Instagram TV atau IGTV.

Apa itu IGTV?
IGTV adalah fitur Instagram yang memungkinkan pengguna mengupload video dengan durasi lebih panjang. Fitur ini bisa dibilang adalah salah satu cara yang bisa dimanfaatkan oleh influencers, brands, dan semua user Instagram untuk membuat video untuk follower mereka. Tak dipungkiri, video selalu cenderung memiliki tingkat keterlibatan yang lebih besar dibandingkan dengan foto, dan Instagram telah membahas paradigma pergeseran ini dari waktu ke waktu.

IGTV sendiri dibuat dengan format yang sama dengan Instagram Story, bedanya hanya ada pada durasi video. Berbagi video di Instagram yang tadinya hanya maksimal sepanjang satu menit bisa lebih lama, hingga 10 menit. Dengan durasi lebih lama, perusahaan ingin menjadi platform bagi video creator untuk berbagi hasil karya mereka dengan 1 miliar pengguna aktif Instagram.

Bahkan, bagi pengguna tertentu seperti selebgram dan public figure bisa mengunggah konten hingga berjam-jam lamanya. Jangan iri, nantinya semua pengguna bisa merasakan berbagi video dengan durasi tak terbatas.

Baca juga:

Instagram Luncurkan TV-nya Sendiri, untuk Saingi YouTube?

Konten yang disajikan dalam IGTV berformat full screen dan vertikal. Hal ini bertujuan untuk menawarkan pengalaman seluler yang otentik saat menonton video. Begitu masuk ke aplikasi tersebut, pengguna bisa memilih dan menyaksikan video dari pembuat konten favorit mereka yang sudah tayang di IGTV.

Di IGTV, pengguna hanya perlu memutar video begitu mereka membukanya. Berbeda dengan aplikasi sejenis, sebagian besar aplikasi video mengharuskan pengguna mencari atau menelusuri direktori, tidak seperti televisi yang memungkinkan pengguna menyalakan dan menontonnya. Hal ini memungkinkan bagi IGTV menjadi tempat baru di Instagram untuk memasang iklan. Pengguna bisa memanfaatkan platform ini sebagai tempat yang pas untuk mempromosikan sesuatu.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Platform Video Terbaru Instagram, IGTV
Konten IGTV (source: Instagram)

Menurut laman IndianExpress.com (24/06/2018), perbedaan antara IGTV dan Instagram adalah di IGTV, Anda tidak akan melihat feed, gambar, dan stories. Jika Anda menggunakan fitur video yang ada di IGTV, Anda hanya bisa mengupload video atau Instagram stories sepanjang 1 menit. Sementara di IGTV Anda bisa mengupload video 10 menit dan account yang lebih besar bisa mengupload video sampai 1 jam. Selain itu, IGTV juga menyebut akun Anda sebagai channels. Jika Anda membuat akun IGTV, Anda akan diminta untuk membuat channel baru. Channel ini nantinya akan dihubungkan langsung dengan profil Instagram Anda.

Apakah Instagram IGTV tersedia untuk pengguna Android dan iOS?
Seperti fitur keren lainnya, Anda juga bisa mengakses IGTV langsung dari aplikasi Instagram. Namun bagi Anda yang ingin mengakses aplikasi IGTV secara terpisah, Anda bisa mendownload IGTV dari App Store atau Play Store secara gratis.

Bagaimana cara mengakses IGTV?
Memulai IGTV itu mudah. Cukup kunjungi Google Play Store atau Apple App Store dan unduh aplikasi di ponsel Anda secara gratis. Setelah diunduh, buka aplikasi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena IGTV terhubung dengan Instagram Anda, maka Anda bisa langsung klik pada tulisan “Continue as ….”. Anda juga bisa pilih pilihan “Switch Account” di bagian kiri bawah jika Anda ingin login dengan akun lain; tinggal masukkan detail login akun tersebut.

Baca juga:

Fitur Baru Instagram Permudah “Curi” Foto Orang Lain, Ini Cara Mencegahnya

Berbeda jika Anda sudah menggunakan aplikasi Instagram di ponsel, maka Anda bisa masuk ke IGTV dengan akun yang sama.

Setelah login, Anda akan langsung melihat videonya. Tenang saja karena video di background memang akan langsung menyala. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sound-nya secara default akan off. Secara default, layar utama otomatis memutar beberapa video dari akun yang sudah Anda ikuti di Instagram. Untuk mencari video yang Anda inginkan, Anda tinggal scroll ke samping di bagian bawah.

Apa menu options di dalam aplikasi IGTV?

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Platform Video Terbaru Instagram, IGTV
Direktorinya sendiri dibagi menjadi 4 kategori yaitu, For You, Following, Popular, dan Continue Watching.

  • For You. Untuk bagian ini, IGTV akan menampilkan video-video yang mereka rasa Anda akan suka.
  • Following. Di bagian following, Anda bisa melihat video dari IGTV milik account-account yang Anda follow.
  • Popular. Di bagian ini, Anda akan melihat video-video yang sedang popular di IGTV. Popular bisa dibilang sama dengan fitur Explore di Instagram.
  • Continue Watching. Bagian ini adalah tempat dimana Anda bisa melanjutkan menonton video-video yang sudah Anda buka sebelumya tapi belum sempat Anda selesaikan.

Jika Anda sudah menemukan video yang ingin Anda tonton, Anda tinggal klik layar videonya dan pilihan video di bawah akan hilang sehingga Anda bisa menonton videonya full screen. Ingat ya, IGTV hanya ada dengan format vertikal. Bila Anda mencoba untuk memutar layar ponsel Anda, video akan tetap vertikal.

Sama seperti Instagram, Anda juga bisa meninggalkan informasi dan link di bagian info. Klik judul video di bagian atas video untuk melihatnya.

Untuk melakukan engagement, Anda bisa me-like dan meninggalkan komen di video orang-orang. Anda hanya perlu meng-tap tombol like yang berbentuk hati dan tombol komen di bagian bawah video. Instagram juga menyediakan beberapa reaksi emoji jadi Anda juga bisa langsung memilih. Selain itu, Anda juga bisa mengirim video IGTV melalui direct message di Instagram.

Baca juga:

Pengguna Instagram Tembus 1 Miliar

Memulai Channel IGTV
Jika Anda ingin memulai channel IGTV Anda sendiri, Anda bisa pilih settings yang ada di bagian kanan, di atas pilihan video.

Setelah itu, pilih pilihan Create Channel di bagian atas. Kemudian pilih Next sampai akun Anda dibuat. Untuk mulai mengupload video, Anda hanya perlu klik pada profile picture Anda yang ada di samping tombol Settings.

Anda tinggal klik pada tombol + di bagian kanan dan Anda sudah bisa mengupload videonya. Untuk kebanyakan account, video hanya bisa berdurasi 10 menit. Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak bisa merekam video langsung di aplikasinya. Jadi, Anda perlu merekam video itu secara terpisah dengan misalnya menggunakan kamera ponsel Anda. Baru kemudian Anda upload video tersebut ke IGTV dari Camera Roll atau Gallery ponsel Anda.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Platform Video Terbaru Instagram, IGTV
IGTV built-in di aplikasi Instagram dan saat menjadi aplikasi standalone (source: Instagram)

Bersaing dengan YouTube?
Kehadiran IGTV adalah untuk menyaingi YouTube. Lalu apa bedanya IGTV dengan YouTube? IGTV hanya fokus pada video-video vertikal. Instagram memilih format ini karena ini adalah bagaimana orang-orang menggunakan ponsel. Jadi Anda tidak perlu memutar ponsel Anda untuk menikmati videonya.

IGTV memang belum bisa menyamai ketenaran YouTube saat ini. Platform pembagian video milik Google saat ini memiliki basis pengguna yang sangat besar dengan pengguna streaming miliaran video setiap hari. YouTube juga memiliki fitur streaming langsung, yang mungkin saja akan ditambahkan oleh Instagram IGTV dalam beberapa hari mendatang.

Untuk saat ini, IGTV juga tidak memiliki ads. Namun tidak menutup kemungkinan tayangan iklan mungkin akan mulai muncul nantinya.

Jadi, begitulah sekilas pandang tentang IGTV seperti disadur dari IndianExpress.com (24/06/2018). Semoga bisa membantu memberikan pemahaman baru pada Anda.