YouTube Luncurkan Shorts, Layanan Pesaing TikTok

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – YouTube resmi memperkenalkan fitur video pendek yang dilengkapi musik latar dan efek ala TikTok yang disebut Youtube Shorts.

Seperti TikTok, video Youtube Shorts berdurasi 15 detik dan diambil dalam orientasi potret. Agar lebih seru, Shorts juga dilengkapi musik yang dapat dipilih oleh pembuat konten.

Saat ini Shorts masih dalam versi Beta. Perusahaan kemungkinan melakukan beberapa pengujian A/B, tapi mengingat fakta bahwa YouTube telah mengerjakan Shorts selama 12 bulan terakhir, maka versi stabil dari fitur tersebut seharusnya sudah tersedia.

Baca Juga:
YouTube Habiskan Rp 422 Triliun untuk Konten Kreator

Secara bertahap, para pengguna yang berada di Amerika Serikat (AS) sudah mulai menerima fitur tersebut. Sedangkan untuk peluncuran global diharapkan segera dihadirkan ke pengguna.

Layanan video pendek YouTube ini pun mendapatkan lebih dari 3,5 miliar penayangan saat masih dalam versi beta awal.

Baca Juga:
Youtuber Li Zhi Pecah Rekor Follower Terbanyak

Cara Membuat dan Menggunakan Youtube Shorts

Fitur baru itu dapat diakes dari menu “Create” atau tanda (+) yang diletakkan di tengah-tengah baris menu pada bagian bawah aplikasi Youtube untuk ponsel. Nanti akan ada 3 pilihan di menu “create” yaitu: upload video biasa, membuat video pendek (Shorts), dan siaran langsung (live).

Untuk membuat video Shorts, dari tiga pilihan itu, pengguna cukup memilih menu “create a short”. Nantinya, akan ada menu untuk menambah efek seperti musik latar, mengatur kecepatan rekaman, dan pengaturan waktu untuk mengambil gambar otomatis tanpa menyentuh ponsel.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories