Technologue.id, Jakarta – Awal September ini, masyarakat disuguhi teknologi termutakhir Apple, iPhone 7. Ponsel tersebut punya setumpuk keunggulan yang membuat banyak orang tergiur ingin memilikinya, mulai dari bodi anti-air sampai dual-camera.

Meski begitu, tampaknya antusiasme pengguna internet tak terlalu tinggi menyambut kelahiran iPhone 7. Memang, dari pantauan SimilarWeb, traffic yang mengarah ke situs resmi Apple di hari peluncurannya naik 152 persen dibandingkan hari sebelumnya. Jumlah kunjungan itu juga lebih baik dari peluncuran dua seri iPhone sebelumnya yang bahkan tidak mencapai pelonjakan 100 persen, yaitu iPhone SE dan 6S.

Namun kalau dibandingkan dengan euforia pengenalan iPhone 6, iPhone tahun ini tak sebanding. 2014 silam saat Tim Cook dan petinggi Apple lain mempertontonkan iPhone 6 dan kebolehannya, traffic ke Apple.com langsung melonjak hampir 200 persen. Waktu itu, terpantau ada lebih dari 50 juta netizen yang meluncur ke situs resmi Apple pada hari-H peluncuran iPhone 6.

Perbandingan traffic di situs Apple.com di 4 peluncuran iPhone terakhir
Perbandingan traffic di situs Apple.com di 4 peluncuran iPhone terakhir

Akan tetapi, pantauan dari SimilarWeb ini belum bisa dijadikan satu-satunya patokan. Sebab, mereka hanya menganalisis kunjungan dari desktop.

Lebih lanjut, dari datangnya 30 juta lebih visitor itu, netizen yang minat berbelanja (yakni mereka yang mengunjungi landing page pembelian iPhone 7) memang tak sampai setengahnya. Peak point-nya dalam tiga hari selepas tanggal 7 September ada di 9 September 2016 dengan 1,25 juta pengunjung. Hal ini bisa dimaklumi, mengingat orang-orang yang mengakses Apple.com untuk mencari tahu lebih lanjut tentang iPhone 7 bisa datang dari seluruh dunia, tetapi konsumen yang bisa membelinya masih terbatas di beberapa negara saja.

Anda punya prediksi terkait penjualan iPhone 7?

 

Baca juga:

IPHONE 7 DAN KOMPLOTANNYA MASUKI INDONESIA

IPHONE 8 BAKAL WARISI FITUR UNGGULAN IPHONE 7 PLUS, YANG MANA?

KLONINGAN IPHONE 7 DAN 7 PLUS SUDAH MUNCUL, HARGANYA SUPER MURAH!