Technologue.id, Jakarta – Airfrov hari ini resmi meluncurkan aplikasinya yang mengusung platform discovery sebagai tempat titip belanja di luar negeri melalui travellers, acara berlangsung di Resto Penang Bistro, Jakarta Pusat (6/12/16).

Hadirnya gagasan ini dipelopori oleh dua pemuda asal Indonesia dan Singapura, karena melihat kebutuhan lebih untuk produk-produk dari luar negeri, meningkatnya jumlah wisatawan Indonesia ke luar negeri, dan termasuk mahalnya jasa pembelian barang dari luar negeri seperti Amazon dan eBay, maka harga barang menjadi naik dua kali lipat dan tergatung dari jenis barangnya.

Maka melihat peluang tersebut munculah Airfrov, “Airfrov menawarkan cara kerja yang sederhana melalui website dan aplikasi ponsel dengan aman dan bermanfaat. Bagi calon pembeli (Requester) bisa memposting barang yang mereka inginkan dan memberikan penawaran harga barang, lalu para pengguna (Travellers) yang berada diluar negeri bersedia untuk memenuhi permintaan tersebut,” ujar Cai Li, CEO & CO Founder Airfrov.

Lebih lanjut Cai Li menambahkan, Airfrov selaku mediator akan menagih pembayaran dari requester, dan menahan biaya tersebut di dalam escrow (seperti sistem rekber) sebelum traveller melakukan pembelian barang. Maka dengan sistem pembayaran ini bagi requester dapat berbelanja dengan aman dan tenang.

- Advertisement -

Adapun sistem Airfrov yang digunakan adalah, setelah traveller kembali ke negara asalnya dengan membawa barang yang direquest, ia langsung memberikan notifikasi melalui aplikasi Airfrov. Selanjutnya kurir lokal dari Airfrov akan mengambil barang tersebut dan mengantarnya kepada requester, jika sudah pembayaran tersebut akan cair kepada traveller.

“Aplikasi Airfrov malah kebalikan dari aplikasi ecommerce pada umumnya. Jika ecommerce menampilkan barang yang dijual, namun, pada Airfrov menampilkan hasil barang request yang diinginkan pembeli, dan tinggal travellers lah yang memilih barang requestan tersebut,” ujar Angeline, Head of Operations Airfrov.

“Hadirnya Airfrov, kita jadi mengetahui kebutuhan apa yang diinginkan oleh para pembeli (requesters),” ungkapnya.

Fitur Airfrov menyuguhkan trending request di home page, dan para pengguna dapat melihat barang-barang yang direquest oleh pengguna lain. Selain itu, travellers juga dapat memposting rekomendasi barang-barang unik yang mereka temukan di luar negeri.

Berikut ini 5 produk barang yang paling banyak di cari oleh requester di Airfrov diantaranya, Tas Anello dan Tokyo Milk Cheese (Jepang), Binggrae Banana Milk (Korea Selatan), Sepatu Adidas (Amerika Serikat), dan yang terakhir Garrett Popcorn (Singapura).

Nah, keuntungan bagi yang menjadi travellers Airfrov tentunya bakal mendapat reward khusus berupa uang yang didapat dari hasil nego dengan requester. Kemudian bagi travellers yang sedang keluar negeri, dapat menjelajah tempat berbelanja baru, mencari barang-barang unik yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Sekedar informasi, Airfrov muncul sejak Maret 2015 dan pertama kali hadir di Singapura, kemudian masuk ke Indonesia dimulai dari Agustus 2016 dan Airfrov sudah memiliki sebanyak 95.000 pengguna aktif hingga saat ini, serta mendapatkan lebih dari 1000 tawaran dari 150 travellers.

Airfrov bisa di akses melalui situs resmi dan juga aplikasi yang sudah tersedia di platform Android dan iOS. Melalui Airfrov, dapat memberikan pengalaman baru untuk belanja online bagi pengguna yang ingin melakukan pembelian di luar negeri namun dengan cara menitip belanja kepada para travellers.

Baca Juga:

Smartphone Tertipis Dunia Meizu Diboyong ke Indonesia

Maaf, Masyarakat Sudah Tak Tergiur Smartphone Baru

Olimpiade sampai Boyband KPOP, momen paling #Rameditwitter 2016