Technologue.id, Jakarta – Setelah antri beberapa waktu, akhirnya Xiaomi mendapat kesempatan menjajal Android Q beta.

Informasi dari laman forum MIUI menyebutkan setidaknya ada 11 ponsel yang dipastikan bisa mencicipi manisnya Android Q. Di mana sembilan di antaranya akan mendapatkan versi Global Beta pada kuartal keempat tahun ini. Sementara sisanya akan giliran menerima OS Google terbaru antara Januari dan Maret 2020.

Baca Juga:
Inikah Fitur Baru Android Q?

Dalam postingan tersebut, sebelas ponsel yang disebut adalah Xiaomi Mi 9, Mi 9 SE, Redmi K20 Pro, Redmi K20, Mi 8, Mi 8 Pro, Mi 8 Explorer, Mi Mix 2S, Mi Mix 3, Redmi Note 7 Pro, dan Redmi Note 7.

Yang cukup menarik, meski Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro tiba lebih awal dari sebagian besar smartphone flagship yang terdaftar, tetapi integrasi keduanya justru paling lambat. Rupanya, waktu peluncuran tidak ada hubungannya dengan adopsi Android Q beta karena Xiaomi lebih mengutamakan seri andalan Mi dan Mi Mix untuk mencicipi OS Android baru lebih dulu.

Xiaomi sendiri belum mengungkap fitur-fitur apa yang bakal dibenamkan di EMUI versi Android Q tersebut. Pabrikan asal China itu hanya menyebut pembaruan itu akan meliputi fitur baru yang signifikan pada EMUI versi baru itu.

Baca Juga:
Android Q Bakal Dukung Tren Smartphone Layar

Namun perlu diingat juga, pembaruan Android Q ini kemungkinan tak akan dirilis dalam waktu dekat karena Google pun belum merilis Pixel terbarunya, yang biasanya menjadi perangkat perdana yang menggunakan OS terbaru.

Biasanya, setelah Google merilis Pixel terbaru, barulah para vendor pembuat Android akan menggelontorkan pembaruan Android terbaru ke perangkat buatannya.

Namun perlu diketahui, jumlah manufaktur yang berpartisipasi dalam program Android beta ini cukup banyak. Hal tersebut berkat peluncuran Project Treble pada 2017 sebagai bagian dari Android Oreo. Selain Xiaomi, ada juga Asus, LG, Nokia, Oppo, Vivo, dan Sony.