Technologue.id, Jakarta – Facebook kembali tersandung masalah terkait data penggunanya. Baru-baru ini berhembus sebuah kabar yang menyebutkan terdapat sebuah laporan yang mengklaim bahwa perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut memberikan data sensitif pengguna ke berbagai perusahaan, termasuk Apple dan Samsung.

Baca juga:

Apple Akan Manfaatkan Data Penggunanya Demi Cari Untung

Menanggapi laporan ini, CEO Apple, Tim Cook, langsung angkat bicara. Dilansir dari Ubergizmo.com (05/06/2018), Cook mengaku tak pernah menerima data apa pun dari Facebook dan tidak pernah memintanya sama sekali.

Baca juga:

Apple Hadirkan Fitur Baru di watchOS 5, Ada Apa Saja?

Laporan tersebut menyebutkan bahwa data yang disediakan tersebut juga memungkinkan produsen perangkat untuk memperoleh informasi lain terkait pengguna. Informasi ini meliputi acara yang akan mereka hadiri, agama yang dianut, hingga masalah politik.

Lebih lanjut, Cook menuturkan, “Kami tidak berada dalam bisnis terkait data. Kami juga belum pernah sama sekali masuk ke bisnis yang terkait data.” Bantahan pria berkacamata ini seakan bertolak belakang dengan kabar yang sempat berembus belakangan, yaitu rencana Apple merambah bisnis ad sales untuk menopang penjualan gadget-nya yang tengah menurun.

Baca juga:

WWDC 2018, Apple Hadirkan Aksesori Baru untuk iPhone dan Apple Watch

Pihak Facebook sendiri telah memberikan konfirmasi yang menyebutkan bahwa, intinya mereka menyatakan bahwa laporan tersebut sama sekali tidak benar. Apakah Facebook akan kembali terjerat permasalahan terkait privasi? Patut dinanti.