Technologue.id, Jakarta – Aplikasi memang kerap menjadi pintu gerbang bagi para peretas maupun developer yang ingin meraup keuntungan pribadi dari banyak pengguna gadget. Dan salah satu yang bisa dilakukan membagikan kontak yang dimiliki pengguna.

Mengutip dari TheVerge.com (12/06/2018), Apple diam-diam mengambil langkah yang cukup serius terkait dengan adanya berbagai aplikasi yang bisa membagikan kontak para penggunanya. Langkah tersebut dilakukan dengan cara mengetatkan regulasi agar pengguna lebih terlindungi dari para developer nakal.

Baca juga:

Samsung Galaxy S9 Smartphone Terpopuler April 2018, iPhone X?

Di dalam regulasi tersebut, Apple secara eksplisit mengatakan kalau developer tidak lagi diperbolehkan untuk mengubah kontak yang ada di address book menjadi sebuah database kontak. Ini dilakukan untuk mencegah para developer untuk menjualnya pada kemudian hari.

Baca juga:

Apple: Masa Depan Mac Datang dari Aplikasi iOS

Tak cukup sampai situ, pembuat aplikasi pun tak diperbolehkan untuk mengubah data yang ada menjadi user profile. Meski begitu, Apple masih memperbolehkan developer untuk meminta pengguna untuk bisa mengakses daftar kontak yang ada pada perangkat. Dengan begitu hal tersebut bisa dilakukan dengan pengawasan yang lebih ketat.

Baca juga:

Disebut Terima Data Sensitif dari Facebook, Ini Tanggapan Apple

Sebelumnya, salah satu media bisnis ternama, Bloomberg, sempat melaporkan kalau ada developer yang meminta pengguna smartphone untuk melakukan akses terhadap daftar kontak dan sampai menjual data tersebut secara diam-diam.