Cara Memainkan Game PS5 di Smartphone

Technologue.id, Jakarta – Salah satu fitur yang didambakan oleh pengguna konsol PlayStation 5 adalah kemampuan untuk memainkan game PS5 di smartphone mereka.

Fitur bernama Remote Play ini sebenarnya telah ada dalam sistem Sony sejak PS3, yang memulai debutnya dengan kemampuan untuk memainkan game konsol di PSP dan PS Vita mereka. Setelah PS4 meluncur, Remote Play meluas ke perangkat dan TV lain – dan akhirnya, ke perangkat Android dan iOS.

PS5 telah diluncurkan dengan Remote Play terbaru, dan pengguna juga dapat menggunakannya untuk melakukan streaming game generasi berikutnya ke smartphone. Perlu diketahui ini adalah fitur, bukan layanan sehingga pengguna masih memerlukan konsol PS5 yang menjalankan game yang Anda miliki untuk streaming di ponsel, yang berbeda dengan cara Anda memainkan game Xbox Series X di perangkat seluler melalui Game Pass.

Dengan demikian, Anda harus tetap berada di dekat PS5 Anda untuk menggunakan Remote Play – fitur ini dimaksudkan untuk mentransfer dan terus bermain di ponsel atau perangkat lain dalam jangkauan jaringan Wi-Fi rumah Anda.

Baca Juga:
Menonton Tayangan Netflix Adaptasi Game di PlayStation 5

Berikut ini cara mengubah smartphone Anda menjadi stasiun PS5 seluler:

Pertama, nyalakan PS5 (atau setel ke rest mode) dan buka aplikasi Remote Play di smartphone Anda. Masuk ke akun PlayStation Network Anda dan pilih generasi konsol mana yang Anda hubungkan – dalam hal ini, PS5. Jika konsol Anda ditautkan ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan handset Anda, itu akan terhubung secara otomatis.

Jika ada beberapa PS5 di jaringan rumah Anda, mungkin perlu beberapa percobaan dan kesalahan untuk mengetahui kode konsol mana yang merujuk ke yang benar. Dan jika Anda terus kehilangan koneksi ke konsol, coba setel ulang konektivitas Wi-Fi-nya, atau lebih baik lagi, tingkatkan kecepatan koneksi Anda dengan menghubungkan PS5 Anda secara manual ke router melalui kabel ethernet (ingat, Sony merekomendasikan setidaknya kecepatan unduh 5Mbps).

Baca Juga:
Lagi Hits, Begini Cara Gampang Dapat Playstation 5

Setelah loading, Anda dapat mengontrol konsol melalui smartphone. Jika Anda berencana menggunakan pengontrol DualSense, pastikan untuk menghubungkannya ke ponsel Anda melalui Bluetooth terlebih dahulu.

Untungnya, Remote Play secara harfiah hanya streaming PS5 ke ponsel Anda, jadi tidak ada batasan yang jelas tentang game apa yang dapat Anda mainkan selama kompatibel di konsol baru.

Untuk menggunakan aplikasi Remote Play, pastikan smartphone sudah diupdate setidaknya ke Android 7.0 atau iOS 12.1. Dan jika Anda ingin menautkan pengontrol PS4 DualShock 4 atau PS5 DualSense ke ponsel Anda, pastikan Anda telah memperbarui ke versi terbaru OS – setidaknya Android 10 atau iOS 13 untuk kontroler konsol yang lebih lama, dan untuk amannya, versi terbaru dari Android 11 atau iOS 14 untuk DualSense (Sony belum merilis info kompatibilitas resmi).

Terakhir, Anda perlu mendownload aplikasi Remote Play yang sesuai di ponsel yang ingin Anda gunakan, baik di Android atau iOS. Jika Anda sudah memilikinya, perbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan kapabilitas penautan PS5.

Latest News

BlueBird Jejali Fitur Baru dalam Aplikasi MyBlueBird 5

Technologue.id, Jakarta - PT Blue Bird Group Tbk menambah beberapa fitur baru dalam aplikasi MyBlueBird. Setidaknya ada 8 fitur unggulan yang dihadirkan...

Kristen Gray Trending di Twitter, Siapa Sih Dia?

Technologue.id, Jakarta - Kristen Gray menjadi bahan perbincangan di media sosial twitter. Para netizen membicarakannya hingga menjadi trending topik.

Heboh Kebijakan Baru WhatsApp, Masyarakat India Layangkan Petisi

Technologue.id, Jakarta - Sebuah petisi dilayangkan masyarakat India kepada WhatsApp. Tak lain dan tak bukan karena kebijakan baru WhatsApp dinilai mengancam privasi...

Main PUBG di India Ilegal, Gamers Punya Trik Jitu

Technologue.id, Jakarta - PUBG dilarang di India. Namun gamers yang telah jatuh hati dengan game ini secara diam-diam berusaha memainkannya. Diwartakan Times...

Apple Mulai Kembangkan Teknologi Layar Lipat

Technologue.id, Jakarta - Apple semakin serius dalam menghadirkan teknologi layar lipat. Raksasa teknologi itu dikabarkan tengah membuat prototipenya. Prototipe...

Related Stories