Technologue.id, Jakarta – Perlahan tapi pasti, semakin banyak pengguna smartphone yang mendapatkan pembaharuan sistem operasi Android Pie. Dan kini, giliran sejumlah smartphone yang termasuk di dalam keluarga Asus Zenfone 5 series.

Mengutip dari GizmoChina.com (20/12/2018), Asus baru-baru ini dikabarkan sudah mengupload pembaharuan sistem operasi Android Pie melalui website resminya untuk keluarga Zenfone 5, seperti Asus Zenfone 5, Zenfone 5Z, dan Zenfone 5 Lite.

Baca juga:

Asus Pastikan Zenfone 5 Series Cicipi Android Pie 9.0

Untuk bisa mencicipinya, sistem operasi sebesar 1,1 GB tersebut harus di-download terlebih dahulu dan dimasukkan ke dalam microSD. Setelah itu, Android Pie baru bisa diinstall melalui mode recovery dan akan selesai dalam waktu 30 menit. Jika enggan untuk melakukan cara manual tersebut, pengguna bisa saja menunggu beberapa hari kemudian untuk bisa mendapatkan pembaharuan Android Pie versi OTA.

- Advertisement -

Baca juga:

Asus ROG Phone Tiba di Indonesia, Gandeng ZenFone Max Pro M2

Selain ada fitur-fitur bawaan Google, Asus juga membawa sejumlah fitur baru, seperti hadirnya volume bar dalam bentuk pop-up dan fitur magnifier atau kaca pembesar. Fitur magnifier ini akan cukup bermanfaat pada saat pengguna melakukan copy-paste untuk teks. Di samping itu, peningkatan performa dan optimalisasi konsumsi daya baterai juga dilakukan.

Baca juga:

Nasib Asus ROG Phone Usai Disiksa Benda Tajam

Untuk versi OTA, Asus sendiri rencananya baru akan meluncurkan pembaharuan Android Pie untuk Zenfone 5Z pada akhir Januari 2019 mendatang. Sementara untuk varian Zenfone 5 lainnya, masih belum ada informasi lebih lanjut.