Technologue.id, Jakarta – Google tengah menguji mode gelap atau dark mode di layanan Gmail. Dengan adanya fitur ini, pengguna layanan email Google itu bisa segera mendapatkan mode yang membuat nyaman mata selama mengaksesnya.

Google telah menguji fitur ini untuk waktu yang lama. Mode gelap untuk Gmail diharapkan akan meluncur pada bulan Agustus tahun ini, bersama dengan sistem operasi berikutnya, Android Q.

Baca Juga:
Google Chrome Ikutan Tren Dark Mode

Dilansir AndroidPolice (20/62019), tampilan mode gelap di aplikasi Gmail bisa ditemukan pada opsi pengaturan. Jadi, mode gelap ini tidak akan aktif secara otomatis.

- Advertisement -

Tampilan mode gelap Gmail yang beredar menunjukkan bahwa fitur tersebut tidak terlihat di jendela utama atau sidebar aplikasi, hanya bisa ditemukan di dalam pengaturan. Artinya, jendela kotak masuk utama, pengalih akun, dan email belum menerima mode gelap.

Begitu juga pada Gmail desktop, mode gelap tidak atau belum tersedia untuk interface pengguna umum dan pesan. Google mungkin akan merilis fitur ini sebagai aktifkan secara manual, sehingga jika pengguna ingin beralih ke mode normal mereka tinggal menonaktifkannya.

Baca Juga:
Dark Mode pada Facebook Messenger Mulai Bisa Dinikmati

Mode gelap ini sudah bisa dirasakan, pengguna yang ingin mencobanya dapat menggunakan aplikasi pada versi 2019.06.09 APK di APK Mirror.

Menyusul Gmail, layanan Google lainnya seperti Google Settings, Google Discover, Google Search, dan Google Assistant juga sedang dalam pengembangan untuk bisa mendapatkan kemampuan dark mode.

Sebelumnya, perusahaan telah melakukan uji coba terhadap fitur dark mode pada browser Chrome. Rencananya, dark mode tersebut akan segera menyambagi para pengguna Chrome pada platform Windows 10 dan macOS.