Technologue.id, Jakarta – Google Doodle hari ini amatlah spesial. Karena, ternyata, konstanta matematika pun bisa merayakan “ulang tahun”. Yap, inilah Hari Pi (π).

Memang, tidak ada akta kelahiran atau legalitas lain yang formal dalam perayaan Hari Pi. Pemilihan tanggal perayaannya pun dipilih dengan unik, yaitu mengambil format bulan 3 tanggal 14, agar sesuai dengan tiga angka pertama dari konstanta π (3,14).

Baca juga:

Google Assistant Kini Semakin Cerdas

- Advertisement -

Walau begitu, Dewan Perwakilan Amerika Serikat telah meresimkan Hari Pi Nasional sejak tahun 2009. Google sendiri mulai menampilkan Doodle-nya khusus di Hari Pi setahun berselang.

Di dunia nyata, Hari Pi dirayakan dengan pelbagai cara. Ada yang memakan kue pie dengan dekorasi konstanta π sampai mendiskusikan tentang π.

Baca juga:

Google Drive Kini Dilengkapi Kecerdasan Buatan, Apa Fungsinya?

Hari Pi berkaitan dengan Hari Pendekatan Pi, yang dirayakan pada tanggal 22 di bulan Juli. Format penentuan Hari Pendekatan Pi ini pun serupa dengan penentuan Hari Pi, karena pecahan 22/7, maka diambillah perayaan di bulan ketujuh tanggal 22.

Sejatinya, 14 Maret juga merupakan tanggal lahir ilmuwan terkemuka Albert Einstein. Pria kelahiran Ulm, Jerman, tahun 1879 itu dikenal berkat teori relativitasnya yang menjadi salah satu pilar utama fisika modern.

Baca juga:

Dua Media Besar Sudah Resah dengan Monopoli Facebook dan Google

Cukup menarik Google lebih memilih untuk merayakan Hari Pi tahun ini lewat Doodle-nya, bukannya hari lahir Einstein. Menurut Anda, sebenarnya lebih seru merayakan hari yang mana?