Technologue.id, Jakarta – Hingga saat ini tidak ada yang mengetahui dengan pasti fungsi drone yang sebenarnya. Sejauh ini pesawat tanpa awak tersebut digunakan untuk foto dan video. Namun drone juga bisa digunakan untuk mencari orang yang hilang. Dikutip Ubergizmo (10/11/17), pesawat tanpa awak ini berhasil menemukan seorang wanita yang hilang di wilayah Carolina Utara, Amerika Serikat.

Baca juga:

Selain Film Porno, Osama Bin Laden Juga Simpan Film-film Ini di Komputernya!

Berdasarkan laporan dari Fox News seorang wanita berusia 81 tahun yang bernama Mary Brown tersesat ketika sedang berjalan di dekat rumahnya. Setelah dilaporkan bahwa dia telah hilang, polisi dari kabupaten Randolph kemudian meluncurkan drone yang digunakan untuk membantu pencarian Brown. Alhasil drone tersebut mampu menemukan setelah sekitar 30 menit pencarian.

Proses pencarian wanita yang hilang menggunakan drone (source: Ubergizmo)

Dalam postingan di Facebook oleh Sheriff Robert A. Graves, terungkap bahwa unit K9 telah dikirim untuk membantu pencarian juga. Namun proses pencarian tersebut sedikit mengalami hambatan karena medan yang sulit dan ladang jagung. Sayangnya, postingan tersebut tidak mengungkapkan detail drone yang digunakan dalam pencarian Brown.

Baca juga:

Samsung: Pengguna iPhone Enggak “Dewasa”!

Graves menambahkan bahwa, Petugas Adam Krolfifer yang bertindak sebagai pilot drone dapat menemukan orang yang hilang hanya dalam waktu 25 menit.

“Program Drone di Kantor Sheriff adalah salah satu proyek terbaru kami dan merupakan upaya kami dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat melalui teknologi yang kami miliki,” tegas Graves.

Baca juga:

Ini Dia Hotel Pertama di Asia yang Pekerjakan Robot, Minat Mampir?

Peristiwa tersebut menunjukan bahwa drone mampu membantu manusia dalam mencari orang yang hilang. Dengan begitu, peranan teknologi makin terasa dampaknya dalam kehidupan manusia.

Berikut video proses pencarian Mary Brown yang hilang menggunakan drone: