Technologue.id, Jakarta – Layanan dompet digital DANA melebarkan sayap untuk menjangkau bidang pengiriman logistik, melalui kemitraan dengan perusahaan ekspedisi JNE.

Vincent Iswara, CEO dan Founder DANA menyebutkan bahwa peranan JNE selaku jasa logistik sejalan dengan misi DANA, yakni membantu pedagang online dan UMKM menjangkau pelanggan yang lebih luas. Indutri jasa logistik, menurut Vincent, sangat membantu untuk memaksimalkan potensi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga:
Resmi Beroperasi, Samsung Pay Gandeng DANA dan GoPay

“Payment dan logistik hubungannya sangat dekat, kemitraan antara penyedia infrastruktur pembayaran digital seperti DANA dengan penyedia jasa layanan logistik dengan jangkauan layanan yang luas seperti JNE, juga membuka peluang untuk meningkatkan kontribusi dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional yang kian bertumpu pada ekonomi digital,” ujar Vincent, di Jakarta (15/10/19).

Dia mengatakan, sektor perdagangan industri digital atau e-commerce saat ini menjadi salah satu motor utama penggerak ekonomi digital. Sektor ini akan menjadi pilar utama menguatnya perekonomian nasional dengan nilai transaksi sebesar USD 4,45 triliun pada 2021 nanti.

DANA kini sudah bisa digunakan sebagai salah satu opsi pembayaran di gerai-gerai JNE yang jumlahnya lebih dari 7.000 di seluruh Indonesia.

Selain menjamin keamanan transaksi, kerja sama ini juga mendukung kegiatan cashless dan kurir tidak perlu membawa uang cash ketika mengantar barang.

Baca Juga:
Seru, Transaksi Cashless Pakai DANA di BrightspotMRKT10

Sementara Mayland Hendar Prasetyo, Deputy Director e-commerce and Patnership menuturkan, melalui kolaborasi DANA dan JNE akan menjadi infrastruktur pembayaran digital yang dapat dimanfaatkan pelanggan JNE, atau juga pelanggan ecommerce toko online maupun beragam marketplace, yang telah menggandeng JNE sebagai pendukung layanan ekspedisinya.

Dalam penggunaannya, buyer akan menerima notifikasi ketika paket sampai dan dapat menginput nomor telepon yang terdaftar dengan akun DANA untuk melakukan pembayaran COD.

“Jadi bagi pelaku UMKM yang akan mengirimkan jualannya bisa langsung pake DANA, atau bagi pembeli yang melakukan transaksi Cash On Delivery (COD) juga bisa pakai DANA,” ujar Hendar.