Kupas Tuntas Jeroan POCO X3 NFC

Technologue.id – Xiaomi kembali menggelar sesi teardown secara virtual pada Senin (16/11/2020). Kali ini, unit POCO X3 NFC “The Real Mid-Range Killer” yang mendapat giliran.

Sesi teardown dilangsungkan untuk memperlihatkan tiap komponen yang digunakan POCO X3 NFC. Pembongkaran dilakukan oleh Woro Prasetio, Senior Technical Support Engineer Xiaomi Indonesia dan Andi Renreng, Product PR Manager Xiaomi Indonesia.

Sesi teardown dimulai dengan membuka penutup belakang smartphone dengan peralatan suction cup setelah sebelumnya dipanaskan agar memudahkan lem terlepas. Modul NFC merupakan komponen pertama yang dilepas.

Setelah itu pembongkaran dilanjut ke komponen kamera dengan melepas 11 baut dan diikuti mencopot seluruh konektor antar-board (BTB). Terdapat empat kamera di bagian belakang, yakni kamera utama 64 MP, kamera wide 13MP, kamera macro 2MP, dan depth sensor 2MP.


Modul kamera depan adalah komponen yang dilepas selanjutnya. Diketahui bahwa POCO X3 NFC memiliki kamera depan dengan resolusi 20MP untuk mengabadikan pengalaman pribadi melalui swafoto atau selfie.

Baca Juga:

Penjualan Kedua Poco X3 NFC Ludes dalam 2 Menit


Berlanjut ke pelindung sub-board yang dilepas, komponen yang kemudian diperlihatkan adalah motor yang menghasilkan getaran yang ditangkap jari pengguna dalam bentuk haptic feedback. Z-Axis Motor adalah fitur yang memberikan pengalaman utuh kepada pengguna melalui umpan balik berupa 150 variasi getaran untuk setiap aktivitas ponsel.

Dalam sesi teardown juga diperlihatkan upaya Xiaomi untuk memastikan POCO X3 NFC memiliki perlindungan IP53 berupa pemasangan karet di sekeliling badan dan penggunaan lem yang erat untuk memastikan modul kamera terpasang dengan kokoh.

Tak ketinggalan beberapa komponen seperti chipset Snapdragon 732G dari Qualcomm serta baterai 5160 mAh dengan pengisian cepat 33W yang mampu mengisi hingga 100% dalam waktu 30 menit bisa terisi sampai 62% turut diperlihatkan.

Baca Juga:

Xiaomi Luncurkan Wireless Fast Charging 80W


“Pengisian daya baterai di POCO X3 NFC memiliki teknik Middle Middle Tab (MMT) yang dimulai dari tengah modul baterai sehingga menyebar rata hingga bagian atas dan bawah,” ujar Andi.

“Ini bertujuan untuk menghasilkan kecepatan pengisian yang konsisten ketimbang layout umumnya yang dimulai dari bagian bawah,” tambahnya.

Tak berhenti disitu, pembedahan terus berlanjut ke teknologi pendinginan POCO X3 NFC yakni LiquidCool Technology 1.0 Plus. Batang tembaga untuk meredakan panas dari komponen di atasnya mulai dari baterai dan SoC dikupas hingga terlihat.


Setelah dibongkar, diketahui bahwa teknologi ini merupakan pengembangan dari LiquidCool Technology 1.0 yang dipakai oleh POCOPHONE F1 dengan permukaan yang lebih luas.

Untuk diketahui, POCO X3 NFC bisa didapatkan mulai dari harga Rp 3,099,000 dengan manfaat masa garansi hingga 15 bulan. Terdapat dua pilihan warna yang bisa dipilih yakni Shadow Gray, dan Cobalt Blue.

Latest News

Touchscreen Bermasalah, Pengguna Samsung Galaxy S20 FE Harus Update Firmware

Technologue.id, Jakarta - Samsung Galaxy S20 FE menjadi pambaruan Samsung Galaxy S20. Meski secara kasat mata, model Samsung Galaxy S20 FE tak...

Smartwatch Bisa Deteksi Dini Covid-19

Covid-19 menjadi momok bagi masyarakat di seluruh dunia. Tanda terpapar virus corona terkadang sulit terlihat. Beberapa menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG). Lalu,...

Bahas Kaya dan Miskin, Nadin Panen Kritikan Netizen

Technologue.id, Jakarta - Nama "Nadin" mendadak jadi salah satu topik yang trending di Twitter Indonesia. Nama tersebut rupanya mengarah pada penyanyi Nadin...

realme Watch S Pro Dipastikan Hadir di Tanah Air

Technologue.id, Jakarta - realme mengkonfirmasi kehadiran Watch S Pro di Indonesia. Perangkat wearable ini dipastikan meluncur dalam waktu dekat.

Ajak WNA Hidup Mewah di Bali, Kristen Gray Dihujat Netizen

Technologue.id, Jakarta - Seorang warga Amerika Serikat bernama Kristen Gray mendadak viral di media sosial Twitter. Ia menjadi sorotan setelah mengajak warga...

Related Stories