Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Lagi, Konsumen Lazada Kecewa Karena Pembatalan Order Sepihak
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Industri e-commerce Indonesia bukan tanpa cela. Meski telah berhasil menciptakan peluang dan kemudahan bagi banyak orang serta mendorong kelajuan roda ekonomi nasional, faktanya ada saja konsumen yang tak puas. Kali ini, hal tersebut menimpa Herry SW, mantan jurnalis teknologi sekaligus salah satu reviewer gadget kondang Tanah Air. Koh Herry, sebagaimana ia kerap dipanggil oleh followers-nya, mulanya kesengsem oleh Nokia 8 yang baru masuk Indonesia itu. Ia pun membeli flagship yang dijual secara eksklusif di Lazada Indonesia tersebut pada hari Kamis (15/02/2018) dan melunasinya via metode transfer. Ia membeli dua unit Nokia 8 dalam dua transaksi yang berbeda dengan harga Rp5.999.000 per unitnya, karena ia termasuk sebagai 200 pembeli pertama dan berhak mendapatkan diskon dari harga asli Rp6.499.000.

Baca juga:

Tokopedia Janjikan Pengalaman Belanja yang Lebih Fun Lewat TokoPoints

Pria yang mengaku sudah memiliki akun di Lazada lebih dari empat tahun lalu itu sejatinya lebih suka melunasi pembayaran dengan sistem COD daripada transfer. Ia pun sering mewanti-wanti pengikutnya di Twitter untuk memprioritaskan sistem COD apabila berbelanja di Lazada sebagai langkah antisipasi agar tak dikecewakan oleh pembatalan sepihak. Namun karena di pembelian Nokia 8 ini tak tersedia sistem COD, maka Herry mengaku nekat memakai metode transfer. Akan tetapi kemudian, pemilik akun @herrysw di Twitter itu bercuit kalau salah satu transaksinya dibatalkan oleh Lazada secara sepihak. E-commerce anak perusahaan Alibaba Group itu pun memberikan penjelasan yang tak konsisten pada konsumennya. Pertama, alasannya adalah karena konsumen melakukan permintaan pembatalan. "Saya bergegas login ke akun Lazada. Pesanan dibatalkan #LazadaHebat karena permintaan konsumen. Padahal, saya tak pernah mengajukan pembatalan," jelasnya (16/02/2018).

Baca juga:

Fitur Baru Lazada: Ganti Pelumas Kendaraan Online

Menurut Herry, Lazada sempat berkilah pula bahwa pembatalan terjadi di tahap verifikasi pembayaran, tetapi ia membantah bahwa sistem Lazada sudah sukses melewati tahap tersebut. "Tak lama usai saya berikan bukti tersebut, alasan #LazadaHebat berubah lagi. Mereka berkilah pembatalan dilakukan karena ada kendala di pihak supplier," katanya. Lazada juga telah mencoba menghubungi Herry lewat telepon, direct message Twitter, sampai email, serta menawarkan pengembalian dana, tetapi masih menemui jalan akhir penyelesaian. Hingga akhirnya, uang tersebut di-refund dalam bentuk voucher dan dipakai untuk membeli unit Nokia 8 dengan harga yang sama untuk ketiga kalinya. Kali ini, order Herry berhasil.

Baca juga:

Menkominfo Tekadkan Indonesia Bebas “Mama-mama Minta Pulsa”

Dalam kultwitnya, Herry menyoroti betapa kelirunya Lazada membatalkan pesanan secara sepihak, terlebih untuk transaksi yang ia rasa punya nilai cukup besar. Kendati demikian pada akhirnya, ia mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Lazada untuknya, termasuk pemberian voucher senilai Rp100.000 sebagai permohonan maaf.

SHARE:

Beli iPhone di Tokopedia Malah Dapat Air Mineral Kemasan, Penerima Salahkan JNE

LinkedIn Uji Fitur Video Vertikal Mirip TikTok