Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Mau Minum Racikan Bartender Robot Ini?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Diperbantukannya robot di aktivitas-aktivitas manusia makin lazim saja. Mulai menjadi resepsionis hotel, mengajari anak, suster shift malam, sampai penghalau gelandangan, robot sudah bisa melakukannya. Nah kini, ada kapal pesiar yang menghadirkan bartender spesial untuk para undangannya selama pelayaran. Ceritanya, Royal Caribbean – salah satu perusahaan kapal pesiar ternama yang berbasis di Floria, Amerika Serikat – tengah bereksperimen dengan menyediakan Bionic Bar di sejumlah kapalnya. Dengan membayar Rp175 ribuan per gelas, setara dengan racikan dari bar tradisional yang juga masih disediakan di kapal-kapal itu, penumpang bisa meneguk minuman racikan dari bartender robot pertama di dunia tersebut.

Baca juga:

Karena Manusia Gampang Lelah, Robot Akan Gantikan Shift Malam di RS!

Perusahaan asal Italia bernama Makr Shakr, selaku kreator Bionic Bar tersebut, mengklaim bartender robot ini bisa menyajikan hingga 120 minuman dalam satu jam. Berbekal 30 material lebih, mulai dari alkohol, jus, soda, berikut hiasannya, bartender robot ini bisa membuat lebih dari 10 ribu kombinasi minuman. Customer tinggal memesan minuman yang ia mau melalui aplikasi di dalam tablet yang disediakan di dekat Bionic Bar serta membayarnya dengan room ID card. [caption id="attachment_27435" align="alignnone" width="673"]Mau Minum Racikan Bartender Robot Ini? Bartender robot Bionic Bar tengah bekerja (source: BusinessInsider.com)[/caption]

Baca juga:

Lagi, “Robot Pendidik” Ramaikan CES 2018

Namun, BusinessInsider.com (03/02/2018) menuliskan kalau robot ini masih jauh dari kata sempurna. Beberapa cairan tampak masih tumpah selama proses pembuatan. Alhasil, Bionic Bar ini masih bekerja dengan ditemani seorang karyawan manusia asli yang bertugas membersihkan bar sekaligus membantu customer membuat pesanannya. Proses pembuatannya sendiri juga lebih lama dibanding ketika bartender manusia yang membuatnya. Ditambah lagi, tak ada aksi saat meracik minuman ala bartender manusia yang kerap kali menghibur pembeli sembari menunggu minumannya siap diteguk.

Baca juga:

Di Amerika, Robot Sudah Jadi “Satpol PP”

Mungkin, bartender robot masih butuh belajar lagi hingga sampai di masa bisa menggantikan bartender manusia.

SHARE:

Selesaikan Tur Asia, CEO Apple Tim Cook Temui PM Singapura Lawrence Wong

Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G edisi Xiaomi Fan Festival