Mediatek Salip Qualcomm di Pasar Chip Global

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Peta pangsa pasar chipset mobile beberapa tahun terakhir belum banyak berubah. MediaTek dan Qualcomm kemungkinan besar masih akan mendominasi pasar dengan teknologinya masing-masing. Meski begitu, tampaknya tahun 2021 ini, peringkat satunya bakal dikuasai oleh MediaTek.

Mengutip dari GSMArena, salah satu lembaga riset pasar, Counterpoint, baru saja merilis sebuah data yang memprediksi bahwa MediaTek bakal menguasai pangsa pasar chipset mobile sebanyak 37 persen secara global di tahun 2021 ini.

Pangsa Pasar Chipset Mobile 2021 (Sumber: GSMArena.com)
Pangsa Pasar Chipset Mobile 2021 (Sumber: GSMArena.com)



Baca Juga:
MediaTek Segera Produksi Chipset 4nm Pertama di Dunia

Sedangkan Qualcomm akan berada diperingkat kedua dengan pangsa pasar 31 persen dan Apple diperingkat ketiga dengan 16 persen. Selebihnya, ada Samsung dan Unisoc dengan porsi 8 persen dan 6 persen.

Counterpoint percaya bahwa hingga akhir tahun ini, pangsa pasar MediaTek akan lebih unggul lantaran suplai RFIC (radio-frequency integrated circuits) dari pabrik Samsung untuk Qualcomm sedikit terhambat. Begitu juga teknologi 5 nm yang saat ini masih belum bisa digunakan secara massal.

Untuk pangsa pasar chipset mobile berbasis 5G sendiri, sampai saat ini masih dikuasai oleh Qualcomm, Apple, dan MediaTek. Pasalnya, sebagian besar, 9 dari 10 smartphone 5G akan ditenagai oleh chipset buatan mereka. Sedangkan Samsung belum terlihat cukup serius untuk menggarap chipset mobile berbasis 5G.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories