Technologue.id, Jakarta – Redaksi meyakini, setiap orang setidaknya punya satu browser favorit, dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu, pastinya. Namun, untuk Anda para pengguna Windows 10, siap-siap saja kebebasan kalian dalam menggunakan peramban kesukaan bakal terbatasi.

Pasalnya, dalam pengumuman Windows 10 Insider Preview Build 17623 for Skip Ahead, Microsoft memaksa user-nya untuk menggunakan browser besutan mereka, Edge. Justifikasi Microsoft untuk melakukan hal ini adalah karena menurut mereka, Edge adalah peramban terbaik dan teraman baik Windows 10.

Baca juga:

Adaptasi Windows 10 ke Berbagai Platform Dijanjikan Lebih Baik

- Advertisement -

“Kami akan mulai mencoba sebuah perubahan di mana link yang diklik dari dalam aplikasi Windows Mail akan terbuka di Microsoft Edge,” tulis raksasa Redmond itu dalam blog resmi Windows (16/03/2018).

Baca juga:

Microsoft Segera Perbaiki Masalah Privasi di Windows 10

Kendati demikian, mungkin perubahan ini tak akan banyak berpengaruh. Sebab, Windows Mail bukanlah platform dengan basis pengguna besar. Litmus, yang telah menganalisis penggunaan email client netizen di tahun 2017, menemukan kalau pengguna Windows Live Mail hanya 1 persenan dari market share global.

Sebagai gambaran, pangsa pasar pengguna Gmail mencapai 26 persen. Sementara yang paling populer adalah email client iPhone dengan 28 persen. Posisi Yahoo! Mail pun masih lebih baik daripada Windows Live Mail dengan dua persen.

Baca juga:

Kangen Sama Windows 7? Sulap Start Menu Windows 10 Jadi Start Menu Windows 7 Yuk!

Di samping itu, fitur ini juga masih dihadirkan di Windows 10 Insider Preview. Jadi, belum bisa dipastikan apakah fitur ini akan benar-benar dihadirkan di versi resmi Windows 10 mendatang.