Ngeri, Semua Akun Yahoo Telah Diretas! Ayo Lakukan Ini!

Ngeri, Semua Akun Yahoo Telah Diretas! Ayo Lakukan Ini!
Ilustrasi Yahoo (source: trbimg.com)

Technologue.id, Jakarta – Cobaan yang teramat besar bagi Yahoo sudah tiba tak lama setelah diakuisisi oleh Verizon. Dalam pernyataan resmi Verizon (03/10/17), ada tiga miliar akun Yahoo meliputi email, Tumblr, dan Flickr, telah diretas.

Artinya, semua akun Yahoo milik netizen meliputi nama, alamat email, dan password, sudah jatuh ke tangan yang salah.

Baca juga:

Lewati Lazada dan Tokopedia, E-Commerce Ini Jadi yang Terpopuler di Indonesia

Kabar yang sedikit melegakan, tidak ada informasi finansial yang berhasil diretas. Namun tetap saja, konfirmasi ini membuktikan bahwa Yahoo gagal mengemban tanggung jawab untuk menjaga privasi penggunanya.

Konfirmasi dari Verizon ini sekaligus merevisi kabar yang sudah tersebar tahun lalu. Waktu itu, hanya disebutkan bahwa akun Yahoo yang dicuri pihak tak bertanggung jawab mencapai 1 miliar buah.

Baca juga:

Orang Indonesia Tak Antusias dengan iPhone 8 dan iPhone X, Kemahalan?

Kendati demikian, Verizon mengaku tak gentar. Mereka berkomitmen untuk tetap mengedepankan transparansi dan mengupayakan keamanan pengguna.

Chandra McMahon, Chief Information Security Officer Verizon, menyatakan, “Investasi kami di Yahoo memungkinkan tim untuk terus mengambil langkah signifikan guna meningkatkan keamanan mereka, dengan memanfaatkan pengalaman dan sumber daya yang dimiliki Verizon.”

Baca juga:

800 Juta Orang Sudah Gunakan Instagram

Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa mengganti password akun Yahoo Anda atau mengaktifkan Two-Step Verification. Fitur yang terakhir disebut adalah cara yang cukup ampuh untuk mengantisipasi hacker memanfaatkan akun Yahoo Anda semena-mena. Karena mereka membutuhkan kode aktivasi yang dikirimkan ke nomor ponsel yang telah didaftarkan sebelumnya supaya bisa mengakses akun tersebut.

Di samping itu, coba cek juga riwayat login Anda. Log Recent Activity ini membuat Anda bisa memantau apakah ada orang lain yang mengakses akun Anda secara sembunyi-sembunyi.