Technologue.id, Jakarta – Setelah bertahun-tahun mengalami penurunan, penjualan PC akhirnya sedang menunjukkan tanda-tanda pemulihan pada kuartal kedua 2018. Di lain pihak, penjualan laptop Mac justru jeblok. MacBook mengalami kuartal terburuk dalam tujuh tahun terakhir ini.

Dua lembaga riset, Gartner dan IDC, sepakat bahwa pasar PC kembali tumbuh setelah enam tahun terpuruk. Masing-masing mengklaim ada pertumbuhan sebesar 1,4 dan 2,7 persen. Sayangnya, tidak ada kontribusi dari Apple Mac.

Baca juga:

Intel Rakit NUC Terbaru Sajikan Pengalaman Gaming di PC Mini

Shipment Mac terus mengalami kemerosotan dari tahun ke tahun. Diketahui, jumlah pengapalan Mac menurun sebesar 13 persen di kuartal yang sama tahun sebelumnya. Parahnya, volume pengiriman saat ini berada pada tingkat yang buruk sejak Q3 2010.

- Advertisement -

Saat pasar PC telah menunjukkan tingkat inovasi yang tinggi dalam beberapa kuartal terakhir, sementara inovasi Apple malah terlihat stagnan. Update MacBook Pro tidak banyak membantu ditambah harga yang terlampau tinggi. Sepertinya bagi konsumen, berat untuk merogoh koceknya dalam-dalam buat produk tersebut.

Kemunduran Mac turut dipengaruhi oleh kehadiran update Windows 10. Seperti OS Android pada smartphone, platform Windows 10 juga populer dan disukai banyak orang. Hal ini mendorong penjualan dan peningkatan penggunaan dalam jumlah yang besar. Semua OEM utama, serta produsen komponen, akan memberikan kredit kepada Microsoft untuk membantu menjaga pasar tetap meningkat.

Baca juga:

Tren Gaming Mobile Belum Lengserkan Penggunaan PC Gaming

Tetapi faktor kunci lainnya adalah kenyataan bahwa PC dan Mac menarik pasar yang berbeda. Banyak profesional mengandalkan Mac untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, sementara target pasar PC terdiri dari pembeli bisnis dan enterprise. Karena permintaan di pasar bisnis sedang meningkat, maka PC lebih unggul saat ini.

“Pertumbuhan pengiriman PC pada kuartal kedua 2018 didorong oleh permintaan di pasar bisnis, yang diimbangi dengan penurunan pengiriman di segmen konsumen,” kata Mikako Kitagawa, analis utama di Gartner.

Baca juga:

Sejak 2012, Baru Kali Ini Pengiriman PC Global Alami Pertumbuhan

Ia meneruskan, tren ini tidak akan berlangsung lama sebelum pasar PC kembali melambat. “Di segmen bisnis,” Kitagawa melanjutkan, “momentum PC akan melemah dalam dua tahun ketika puncak penggantian untuk Windows 10 berlalu.”

Jadi kemungkinan bahwa kemunduran yang dialami Mac selama Q3 2018 akan terjadi juga menimpa pasar PC begitu siklus peningkatan Windows 10 selesai.